5 Pilar STEM — State the Art of Facilities: Support System Unggulan Dalam Memberi Ruang

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > Blog > 5 Pilar STEM — State the Art of Facilities: Support System Unggulan Dalam Memberi Ruang

Seri berikutnya dari 5 Pilar STEM adalah State the Art of Facilities: Support System Unggulan Dalam Memberi Ruang. Selain dosen dan mahasiswa yang membentuk ruang interaktif, fasilitas seperti laboratorium juga berperan aktif dalam membantu pemenuhan kebutuhan akan materi dan teori.

CSL (Collaborative STEM Laboratories) merupakan sebutan untuk laboratorium milik STEM, dirancang untuk memfasilitasi eksperimentasi dan prototyping yang bersifat kolaboratif dan multidisiplin untuk menghasilkan produk-produk inovatif yang mendukung pengembangan bisnis-bisnis baru.

Adapun beberapa laboratorium yang termasuk didalam gedung CSL yang mendukung diantaranya:

Art of Facilities: Support System Unggulan Dalam Memberi Ruang
© instagram.com/ stemprasetiyamulya
  • Material Testing Laboratory
    Lab ini digunakan untuk observasi sifat mekanik material, baik melalui pengujian destruktif seperti uji tarik, uji tekan, dan uji geser menggunakan peralatan Universal Testing Machine (UTM) maupun uji nondestruktif menggunakan gelombang ultrasonik.
  • Advanced Microscopy Lab
    Terdapat alat bernama Scanning Electrom Microscope (SEM) yang digabungkan dengan Energy Dispersive X-ray (EDX) untuk memberikan gambar resolusi tinggi topografi permukaan dan analisis unsur berbagai bahan dalam skala nano.
  • CNC Lab
    CNC merupakana mesing miling yang dipergunakan untuk latihan dasar pengoperasian dan pemrograman. Semua gerakan berjalan secara otomatis sesuai perintah program
  • Energy Conversion Lab
    Ruang ini diperuntukkan bagi praktikan yang ingin melakukan penelitian terkait konversi sumber daya hayati menjadi energi. Dimana, didalamnya terdapat Bioreactor yang digunakan untuk mengubah bahan mentah menjadi produk sampingan, Gas Chromatography untuk menganalisa sampel cair serta Micro Gas Chromatography yang digunakan untuk menganalisa sampel gas.
  • Web & Mobile Application Lab
    Diperuntukkan bagi praktikan yang ingin melakukan pengembangan aplikasi berbeasis website atau mobile. Dilengkapi dengan iMac, komputer desktop serbaguna produksi Apple Inc. dengan konsep all-in-one.
  • Ambient Intelligence
    Ruangan yang digunakan untuk mempelajari sifat interaksi antara manusia dengan komputer, seperti Virtual Reality dan Augmented Reality.
  • Analytical Lab
    Seperti namanya, ruangan ini didedikasikan bagi praktikan yang ingin melakukan analisis makanan dari sisi kimia dan biomassa. Beberapa alat pendukung di dalamnya ada KjelRoc Scrubber OPSIS, KjelRoc Analyzer OPSIS, Refrigerated Heating Bath, SocRox Extraction Unit OPSIS, HydRoc Hydrolysis Unit OPSIS, Fume Hood dan Homogenizer.
  • Food Processing Lab
    Dikenal sebagai jantung penelitian pengolahan dan produksi makanan, lab ini dilengkapi dengan miniplant untuk melakukan pengolahan. Miniplant tersebut didukung beberapa peralatan canggih seperti blast chiller, modified atmosphere packaging, sistem retortfreeze dryer, Refrigerator serta viscometer.
  • Material Processing Lab
    Terkait pemrosesan bahan, sintesis katalis, persiapan bahan baku biomassa dan sebagainya. Material Processing Lab dilengkapi dengan alat seperti muffle furnacetubular furnace, fume hood dan Bomb kalorimeter.
  • Bio-Microbiology Lab
    Diperuntukkan bagi praktikan yang ingin mempelajari terkait mikroba serta pengaplikasiannya dalam makanan. Laboratorium ini dilengkapi dengan alat pendukung yang canggih seperti Microscope Binocular, Microscope Trinocular, Incubator & Shaker, Biosafety Cabinet, Analytical Balance, Colony Counter serta Micropipette.
  • Chemistry Lab
    Dirancang sedemikian rupa untuk mendukung pengilustrasian konsep kimia yang dipelajari, perkenalan teknik laboratorium kimia, pengembangan keterampilan dalam operasi laboratorium, pengamatan dan mendorong pemilikiran yang analitis.
  • Ergonomic Lab
    Dirancang untuk memberikan ruang untuk meningkatkan pengalaman belajar dibisang ergonomi. Didukung oleh penerapan alat-alat ergonomi dan analisis dengan tujuan mendukung desain yang berpusat pada kebutuhan manusia.
  • Food Sensory Lab
    Menyediakan 10 biliki untuk evaluasi sensori makanan dan minuman melalui uji diskriminatif, deskriptif, dan hedonik.
  • Power System Lab
    Laboratorium ini memfasilitasi karakterisasi dalam ruangan prototipe sel surya di bawah kondisi pengujian standar. Terdapat alat bernama Electro-Mechanical System yang digunakan sebagai alat untuk mengukur panjang gelombang dan keluaran solar cell.
  • Solar Simulation Lab
    Laboratorium ini memfasilitasi karakterisasi dalam ruangan prototipe sel surya di bawah kondisi pengujian standar, memiliki alat bernama Electro-Mechanical SystemSebagai yang digunakan untuk mengukur panjang gelombang dan keluaran solar cell.
  • Circuit Electronics lab
    Laboratorium yang memberikan ruang kepada mahasiswa untuk berperan aktif membentuk keahlian dalam desain, pengukuran dan perakitan sirkuit dasar.
  • Basic Physics Lab
    Bagi praktikan yang mengampu mata kuliah fisika dasar disemester awal, mahasiswa akan melakukan praktikum di Basic Physic Lab ini. Materi praktikum meliputi mekanika, gelombang, optik, termodinamika, dan kemagnetan.
  • Prototyping Lab
    Laboratorium ini mendukung salah satu tahap penting dalam siklus perancangan desain sebuah produk, yaitu pembuatan purwarupa, yang dibuat dengan menggunakan software gambar 3D dan kemudian dicetak mengunakan printer 3D.
  • Computing Lab
    Laboratorium ini dirancang untuk mendukung praktikan melakukan penelitian tentang arsitektur jaringan, desain dan protokol komunikasi jaringan.
  • Embedded System Lab
    Lab ini lebih berfokus pada high-performance embedded system dari desain digital, I/O interfacing, dan bertujuan untuk implementasi IoT.
  • Advanced Research Lab
    Diperuntukkan bagi praktikan yang ingin melakukan penelitian ilmiah, tidak hanya dari internal kampus tetapi secara aktif juga mempromosikan penelitian kolaboratif dengan perusahaan dan Universitas dan lembaga penelitian lain.
  • High-Performance Computing
    Lab ini memiliki sistem komputer yang digunakan untuk melakukan perhitungan kompleks dengan kecepatan tinggi.
  • Virtual Lab
    Khusus lab ini, digunakan untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar yang membutuhkan aplikasi khusus yang tentunya berlisensi.

Selain CSL sebagai ciri khas STEM, beberapa fasilitas lainnya seperti ruang kelas, study lounge, kantin, ruang komputer dan fasilitas lainnya juga merupakan bagian dari support system yang menunjang perkuliahan.

Leave a Reply