[Prestasi – Inspirasi Inovasi] Juara 2 Kemah Budaya Kaum Muda Kemdikbud – Travel Budaya (TRAYA)

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > S1 Food Business Technology > [Prestasi – Inspirasi Inovasi] Juara 2 Kemah Budaya Kaum Muda Kemdikbud – Travel Budaya (TRAYA)

TRAYA atau Travel Budaya merupakan aplikasi berbasis web yaitu platform on-demand service yang menawarkan wisata pengalaman budaya melalui reservasi olahraga tradisional Bali yang diinisiasi oleh 5 orang mahasiswa STEM, yaitu Tim Bhakti Indonesia. Kelestarian budaya menjadi perhatian mereka terkait experience wisatawan agar tidak sebatas melihat dan menyaksikan keindahan serta kebudayaan Pulau Bali.

Melalui seleksi awal sebanyak 717 kelompok atau 3.450 orang dari seluruh Indonesia, TRAYA sampai pada tingkat regional dan meraih Juara 1 dari 46 kelompok di regional gabungan (Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua) serta mendapat pelatihan mengenai wawasan kebudayaan. Pada tahapan ini, mereka juga melakukan pre-launch aplikasi TRAYA serta webinar yang dihadiri 278 pesertadan dihadiri Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Bali, Seniman Muda Bali, serta Praktisi Makare-kare. Dukungan positif pun datang dari Kemendikbud dan BPNB Provinsi Bali.

Berlanjut hingga ke tingkat NasionalTim Bhakti Indonesia mendapat pendampingan dari fasilitator dan meraih prestasi Juara 2 pada Kategori Aplikasi.

Dalam tahap pengembangan aplikasi TRAYA, akan dilakukan pemetaan mitra dan membangun awareness, meluncurkan aplikasinya, serta memperluas mitra wilayah dan objek kebudayaan di Indonesia.  

“Selalu jujur dalam proses pengerjaan, niscaya hasilnya juga jujur” adalah prinsip yang mereka pegang selama proses pembuatan Aplikasi TRAYA. Dalam waktu dekat, TRAYA akan hadir pada Pameran Karya yang diadakan secara virtual.Instagram: @traya.idn

Leave a Reply