Kolaborasi Prodi Matematika Bisnis STEM Prasmul & Perusahaan Besar

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > Blog > Kolaborasi Prodi Matematika Bisnis STEM Prasmul & Perusahaan Besar

Kolaborasi menjadi DNA Penting di Jurusan Prodi Matematika Bisnis STEM Prasmul

Kolaborasi prodi matematika bisnis STEM Prasmul
Source: Infografis Rotasi Co-op Semester Ganjil 2019/2020

Kebutuhan sumber daya manusia yang siap kerja semakin nyata. Karena itu STEM Prasmul berusaha menjawab kebutuhan ini. Hal tersebut ditunjukkan dengan kurikulum dan kolaborasi industri. Misalnya prodi matematika bisnis yang melakukan kolaborasi dengan big company. Beberapa di antaranya adalah PT Asuransi MSIG, Deloitte, serta PGN.

Tujuan dari kolaborasi untuk menghasilkan lulusan yang qualified. Baik secara teori dan juga praktik. Di prodi matematika bisnis tersedia Program co-operative education (program co-op). Ini menjadi brandmark prodi matematika bisnis kepada mahasiswa. Melalui program co-op, mahasiswa berkesempatan bekerja secara profesional di Industri selama satu tahun. Saat ini sebanyak 16 mahasiswa dari angkatan 2017 sudah menempuh dua kali rotasi co-op. 35 mahasiswa dari angkatan 2018, dan 23 mahasiswa dari angkatan 2019 sudah menempuh satu kali rotasi co-op.

Kolaborasi Prodi Matematika Bisnis STEM Prasmul dengan Industri yang Mendukung Karier di Masa Depan

Kolaborasi prodi matematika bisnis STEM Prasmul
Source: Dokumentasi Seminar READI Project di Samarinda 24 Juli 2019

Prodi Matematika Bisnis STEM Prasemul berfokus dalam menyiapkan lulusan berkualitas. Para mahasiswa dibekali dengan kemampuan analitik dan komputasi berbasis data yang kuat. Selain itu, lulusan matematika bisnis juga memiliki entrepreneur skill yang kini dibutuhkan industri,

Beberapa prospek peluang karier lulusan matematika bisnis adalah Aktuaris, Quantitative Analyst, Data Scientist. Aktuaris adalah profesional yang menggunakan ilmu aktuaria untuk menyelesaikan persoalan-persoalan bisnis terkait dengan resiko misalkan di industri asuransi.

Seorang Quantitative Analyst adalah profesional yang menerapkan metode matematika untuk menghasilkan model kompleks. Model ini diterapkan pada bidang keuangan dan manajemen resiko di dunia bisnis.

Sementara data scientist menerapkan metode statistika yang dikombinasikan dengan kemampuan programming pada data, Nantinya metode ini digunakan untuk mengekstrak informasi penting dalam pengambilan keputusan bisnis.

Source: Infografis Rotasi Co-op Semester Ganjil 2020/2021

Guna mengasah skil praktis di 3 bidang tadi prodi matematika bisnis bekerjasama dengan berbagai pihak. Beberapa kerja sama secara bertahap telah dibangun oleh prodi matematika bisnis STEM Prasmul antara lain dengan University of Waterloo Canada dan PT Asuransi MSIG Indonesia.


Kerja sama ini meliputi berbagai aspek terutama berkaitan dengan konsentrasi keilmuan dari program studi matematika bisnis yaitu Matematika Aktuaria, Matematika Keuangan, dan Matematika Industri.


Kerja sama dengan University of Waterloo Canada meliputi Risk Management, Economic Sustainability dan Actuarial Science Development.
Bersama University of Waterloo, program studi matematika bisnis melakukan kegiatan mathematics outreach ke berbagai SMA di Indonesia dan juga mengembangkan kurikulum program co-operative education.

Source: Infografis Rotasi Co-op Semester Genap 2020/2021

Dengan PT Asuransi MSIG Indonesia memiliki kerjasama yang bertujuan untuk mengembangkan literasi keuangan dan aktuaria. STEM Prasmul menghadirkan guest lecture yang diadakan secara rutin dua kali dalam setahun. Sesi ini akan memberi insight langsung kepada mahasiswa tentang dunia kerja dari proses terkait.

Source: dokumentasi guest lecture Financial and Actuarial Literacy in Business secara daring (9/11/2020)
Source: dokumentasi guest lecture Quantitative Analyst: Financial Derivatives in Practice secara daring (1/07/2021)

PT Asuransi MSIG Indonesia juga memberikan kesempatan mahasiswa untuk memiliki pengalaman di bidang asuransi melalui program magang. Harapannya para mahasiswa mendapatkan ‘tacit knowledge’ dan bisa hands on learning dari para aktuaris profesional.

Source: dokumentasi magang co-op Ni Putu Ratna (Mahasiswa Business Mathematics angkatan 2017) sekaligus company visit ke PT Asuransi MSIG Indonesia (20/12/2019)

Tentunya melalui berbagai program kolaborasi tersebut akan menghadirkan kualitas lulusan yang siap mengisi kebutuhan industri. Baik dari sisi teori dan juga praktik, kolaborasi prodi matematika bisnis STEM Prasmul akan menjadi unggulan di masa depan.

Leave a Reply