FM STEM Prasmul Hadir di Konferensi Agrikultur Dunia

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > Blog > FM STEM Prasmul Hadir di Konferensi Agrikultur Dunia

Faculty Member (FM) STEM Prasmul Paparkan Hasil Penelitian di Konferensi Agrikultur Dunia

Presentasi FM STEM Prasetiya Mulya di konferensi

STEM Prasmul diundang ke konferensi dunia. Kali ini STEM hadir di Conference on Applied Statistics in Agriculture. Konferensi tahunan ini diadakan sejak tahun 1989. Penyelenggaranya adalah The University of Florida’s Institute of Food and Agricultural Sciences (UF/IFAS). Topik konferensi yaitu penerapan statistika dalam pertanian. Ada banyak pihak yang hadir. Mulai dari akademisi, industri, hingga pemerintah.

Konferensi ini pun menjadi forum diskusi seputar topik yang diangkat. Masing-masing undangan dapat memaparkan solusinya di bidang pertanian. Seperti FM STEM Prasmul, Dian Kusumaningrum dan beberapa rekannya. Mereka memaparkan tema “Lasso and Random Forest – Lime Models: Predicting Paddy Harvest For Area Yield Index Crop Insurance”. Penelitian ini membahas tentang produksi padi. Dengan model yang dibuat lebih mudah memprediksi hasil panen padi di Indonesia.

Presentasi FM STEM Prasetiya Mulya di Konferensi Dunia

Dalam keadaan pandemi, acara bergengsi tersebut diadakan secara daring pada 17 – 20 Mei 2021. Ada berbagai kegiatan yang dilakukan pada acara tersebut. Mulai dari mendengarkan keynote speaker, workshop, dan presentasi poster. Dalam waktu 3 hari, undangan konferensi mendapat kesempatan memaparkan pemikiran mereka. Tidak hanya itu, konferensi juga menjadi ajang membangun jaringan untuk undangan dengan interest topic yang sama.

Konferensi yang telah diadakan lebih dari 30 kali ini tentunya memberi banyak kesempatan kepada undangan untuk memaparkan idenya. Mulai dari akademisi, praktisi, maupun pemerintah menyampaikan ide tentang permasalahan pertanian yang ada di negara masing-masing. Selain diadakan konferensi pada acara tahunan ini, terdapat kompetisi untuk mahasiswa sarjana, magister, maupun PhD.

Tentunya ini merupakan kesempatan emas khususnya untuk Faculty Member STEM Prasmul Dengan kehadiran FM STEM Prasmul pada konferensi dunia diharapkan dapat membantu permasalahan di dunia agrikultur. Sebagai negara agraris Indonesia memiliki potensi memaksimalkan hasil pertanian dengan dukungan penerapan STEM terapan. Diharapkan penelitian dapat membantu kegiatan pertanian yang dibutuhkan negara nantinya.

Dalam kegiatan pembelajarannya, STEM Prasetiya Mulya berkomitmen untuk selalu memberikan dan berkontribusi untuk Indonesia di bidang akademis dan riset penelitian.

Leave a Reply