404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
VARK (Visual, Auditory, Read/Write & Kinesthetic): Tipe Belajar Efektif

VARK (Visual, Auditory, Read/Write & Kinesthetic): Tipe Belajar Efektif

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > Blog > VARK (Visual, Auditory, Read/Write & Kinesthetic): Tipe Belajar Efektif

VARK (Visual, Auditory, Read/Write & Kinesthetic) merupakan tipe-tipe belajar secara efektif yang dilakukan kebanyakan orang dalam mendalami pemahaman materi pelajaran.

Karena tentunya belajar yang efektif akan membantu memudahkan seseorang dalam memahami materi yang disampaikan dengan menerapkan cara belajar tersendiri seperti mendengar penjelasan materi, melihat gambar, membaca dan merangkum jadi tulisan bahkan peragaan langsung.

Kebanyakan orang mungkin hanya terbiasa dengan sebagian dari tipe belajar efektif yang ada. Namun, tidak menutup kemungkinan seseorang mampu menerapkan semua tipe belajar VARK tersebut dengan maksud pemahaman agar lebih dalam.

Berikut beberapa penjelasan mengenai masing-masing tipe:

Baca juga: Quick Response: Advanced Technology, Big to Small Data Conversion
VARK (Visual, Auditory, Read/Write & Kinesthetic): Tipe Belajar Efektif.

Visual (Learning by Seeing)

Visual merupakan sesuatu yang disajikan dalam bentuk media berupa gambar dengan memanfaatkan indra penglihatan sebagai alat penerjemah.

Dengan memaparkan visualisasi materi dalam bentuk gambar, diagram, grafik dan bahkan mindmap, akan lebih mudah bagi seseorang dengan tipikal visual untuk menganalisis dan memahami isi materi.

Auditory (Learning by Hearing)

Auditory atau dikenal juga dengan istilah Audio, penyajian suatu media berupa perantara suara dengan mengandalakan indra pendengar sebagai penerima informasi.

Tipikal audio cenderung mengandalkan pendengaran ketika belajar dan memahami suatu meteri yang disampaikan hanya dengan mendengar pemaparan materi terkait, serta lebih banyak berdiskusi untuk pemecahan suatu masalah.

Read/Write (Learning by Reading/ Writing)

Berbeda dari tipikal sebelumnya yang mengandalkan indra sebagai peneriman informasi, tipikal read/write lebih mengandalkan kelihaian dalam membaca dan kemahiran dalam merangkum isi berita.

Seseorang dengan tipikal belajar dengan cara membaca dan menulis akan lebih cepat memahami teks bacaan yang panjang, mencari topik permasalahan, menyimpulkan isi berita, serta memiliki kreativitas dengan modal tulisan yang rapi.

Kinesthetic (Learning by Doing)

Tipikal kinestetik banyak mengandalkan gerakan untuk menggambarkan sesuatu agar lebih mudah dipahami.

Dikenal dengan istilah learning by doing, cara belajar seseorang dengan tipikal kinestetik, akan lebih banyak melalukan praktik secara langsung dengan menggunakan seluruh tubuh atau fisiknya seperti latihan di depan kaca untuk menguasai materi public speaking dan melakukan uji laboratorium untuk pendalaman teori.

Leave a Reply