404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
Dunia Serba Modern Jauh Lebih Baik dengan adanya Rancangan Desain

Dunia Serba Modern Jauh Lebih Baik dengan adanya Rancangan Desain

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > Blog > News & Article > Dunia Serba Modern Jauh Lebih Baik dengan adanya Rancangan Desain

Bayangkan dunia yang diwarnai dengan teknologi canggih yang beragam, seperti itulah dunia digitalisasi 10 – 20 tahun yang akan datang dari sekarang. Kendaraan listrik tanpa sopir meramaikan jalan. Robot beroperasi untuk instansi pabrik, restoran, hotel, dan fasilitas umum lainnya. Layanan e-commerce menggunakan drone serba modern untuk mengantarkan barang pesanan. Serta produk makanan dan minuman yang dirancang dengan konsep futuristik dan tahan lama pada suhu ideal untuk menjaga rasa dan kualitas. Singkatnya, kegiatan bisnis dan aktivitas keseharian manusia akan didominasi dengan pemanfaatan teknologi canggih dan modern.

Sekarang – bayangkan apabila contoh penerapan teknologi tersebut dikembangkan tanpa memperhatikan dan mempertimbangkan dengan baik dari sudut pandang manusia sebagai pengguna secara individu maupun masyarakat. Kendaraan tanpa sopir tidak dapat diambil alih secara manual apabila terjadi kerusakan sistem. Robot terlihat kaku dan menyeramkan. Drone saling tabrakan. Kemasan makanan dan minuman bertumpuk menjadi sampah. Dengan kata lain, yang muncul adalah produk yang tidak nyaman, tidak aman, dan tidak bernilai, serta ekosistem dan keseimbangan dunia yang kacau, kotor, dan tidak tentram beraturan.

Baca juga: Quick Response: Advanced Technology, Big to Small Data Conversion
Dunia Serba Modern Jauh Lebih Baik dengan adanya Rancangan Desain
© kuliahdimana.id

Dengan ilustrasi tersebut kita dapat membayangkan bahwa teknologi hanya akan bermanfaat dan memberi nilai tambah apabila dikembangkan dan diaplikasikan dengan memperhatikan target pasar yaitu manusia sebagai pengguna. Di sinilah peran rancangan desain, menyatukan konsep teknologi dengan manusia. Dengan desain, mobil tanpa sopir tetap dapat diambil alih pengendaliannya oleh manusia di saat-saat tertentu bahkan dari jarak jauh. Desain juga membuat robot-robot di restoran, hotel dan fasilitas publik terlihat menyenangkan dan interaktif. Lalu lintas drone yang rapi dan adaptif juga berawal dari desain yang baik. Sampah dapat berkurang dengan desain kemasan makanan dan minuman yang mudah didaur ulang dan ramah lingkungan.

Desain membuat teknologi menjadi sinkron dan relevan dengan manusia. Desain dipengaruhi oleh perilaku manusia, tetapi desain juga akan mempengaruhi perilaku manusia. Dengan demikian, dunia akan menjadi lebih baik dengan adanya desain dan rancangan awal untuk meminimalisir kemungkinan terburuk.

Leave a Reply