404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
STEM Terapan - Program Co-Op Siap Kerja di Perusahaan Besar Dunia.

STEM Terapan Prasmul – Business Mathematics, Belum Lulus Tapi Punya Pengalaman Kerja di Kantor Akuntan Publik Big Four Seluruh Dunia

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > S1 Business Mathematics > STEM Terapan Prasmul – Business Mathematics, Belum Lulus Tapi Punya Pengalaman Kerja di Kantor Akuntan Publik Big Four Seluruh Dunia
STEM Terapan

Program Studi  Business Mathematics Sekolah STEM Terapan Universitas Prasetiya Mulya memiliki program untuk memfasilitasi mahasiswanya untuk menjadi lulusan siap kerja dimasa depan. Para sarjana di Indonesia mengalami tantangan yang besar karena tingkat pendidikan tinggi mereka bukan lagi menjadi jaminan memperoleh kerja dengan mudah. Tantangan yang dihadapi oleh para sarjana adalah mereka harus bersaing dengan pekerja asing dari Negara-negara ASEAN sebagai efek dari Asean Economic Community (MEA). Saat ini banyak sekali perusahaan menginginkan lulusan yang memiliki pengalaman kerja. Oleh karena itu, para sarjana tidak hanya dituntut memiliki nilai akademik yang baik tetapi juga harus siap bekerja dan memiliki keterampilan professional yang baik untuk bersaing dengan lulusan lain dari seluruh dunia.

Salah satu program yang tersedia bagi mahasiswa Business Mathematics Sekolah STEM Terapan Universitas Prasetiya Mulya untuk mengatasi keadaan tersebut adalah Work Integrated learning (Co-Op). Program Co-Op memungkinkan mahasiswa untuk mendapatkan setidaknya satu tahun pengalaman kerja yang sesuai dengan bidang keahliannya. Mahasiswa Co-Op akan belajar dan bekerja secara bergantian dengan masa kerja (work term) dan masa studi (study term) yang membentuk suatu kesinambungan. Mahasiswa Co-Op dalam masa bekerja merupakan pekerja profesional yang diberi tanggung jawab dan hak yang layak seperti halnya pekerja penuh waktu.

STEM Terapan

Alicia Juwono mahasiswi Business Mathematics 2017, Dengan program Co-op,  Alicia berhasil mendapatkan kesempatan magang di PT Deloitte Konsultan Indonesia dalam divisi Financial Risk Advisory walaupun masih semester 5. Berawal dari itu, minatnya terhadap bidang consulting & advisory meningkat sehingga muncul keinginan untuk melakukan eksplorasi lebih jauh. 

Kemudian pada semester 7 (periode kedua program Co-op), mahasiswi Business Mathematics STEM Terapan Universitas Prasetiya Mulya kembali berhasil mendapatkan kesempatan untuk magang di salah satu KAP Big Four. Kantor Akuntan Publik (KAP) Big Four merupakan Kelompok empat kantor akuntan publik terbesar di seluruh dunia, yang menawarkan jasa terkait akuntansi, seperti audit, penjaminan (assurance), perpajakan, konsultasi manajemen, advisori, aktuaria, dan keuangan korporasi (corporate finance). Keempat KAP tersebut, yaitu Ernst & Young (EY), Deloitte, PricewaterhouseCoopers (PwC), dan KPMG. KAP Big Four juga terdapat di Indonesia.

Alicia mendapatkan magang di salah satu KAP Big Four yaitu EY (Ernst & Young) Indonesia khususnya dalam divisi valuation, modelling and economics. Setelah menyelesaikan masa magangnya di KAP EY Indonesia, hal ini membuatnya semakin yakin bahwa minat dan keinginannya sangat tinggi untuk dapat berkarir dalam bidang consulting & advisory. Tidak dirasa cukup pengalaman yang didapatkan sebelumnya, Alicia mahasiswi Business Mthematics STEM Terapan Universitas Prasetiya Mulya ini, ketika menunggu sidang skripsi, Alicia mengisi waktunya dengan magang di PwC Indonesia dalam divisi Financial Risk Management untuk menambah pengalamannya.

Menurut pengalaman Alicia, salah satu skill utama yang sangat sering digunakan ketika bekerja adalah statistik untuk mengolah data. Microsoft Excel dan Python menjadi kunci utama yang sangat memudahkan proses pengolahan data dalam statistik. Selain itu, Alicia juga mengatakan bahwa seringkali ia membantu proses research di perusahaannya. Beruntungnya, tidak hanya mempelajari Microsoft Excel dan Python, Alicia sudah dibekali dengan ilmu-ilmu dasar untuk melakukan research dalam mata kuliah “Research Methodology” di jurusan Business Mathematics Prasetiya Mulya sehingga ia memahami prosesnya.

Program Studi Business Mathematics STEM Terapan Universitas Prasetiya Mulya dengan program Co-op nya. Sangat membantu para mahasiswa Business Mathematics STEM Terapan Universitas Prasetiya Mulya karena mampu memberikan gambaran kerja dan melakukan eksplorasi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk berkarir di sebuah industri atau divisi. Tak hanya itu dengan mengituki program Co-Op, membuat CV mahasiswa menjadi sangat bagus karena sudah ada pengalaman kerja mengingat beberapa company memberikan requirement, yaitu diutamakan yang sudah pernah melakukan internship. Bahkan, ada peluang untuk langsung bekerja di perusahaan Co-Op ketika perusahaan suka dengan kinerja mahasiswa ketika internship.

Leave a Reply