404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
Acara Graduation Night Dari Compfest Universitas Indonesia

Press Release Acara Graduation Night Dari Compfest Universitas Indonesia

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > Blog > Press Release Acara Graduation Night Dari Compfest Universitas Indonesia

Setelah sukses terlaksana acara pelatihan serentak yang berlangsung selama 3 minggu pada 1 – 21 Agustus lalu oleh compfest, pada 17 September kembali diadakan pertemuan dalam acara graduation night secara tatap muka. Yaitu malam kelulusan semua bidang baik dari Software Engineering Academy, Start-Up Academy, User Experience Academy serta Data Science Academy karena kesuksesan acara pelatihan yang terlaksana. Acara tersebut dilaksanakan di gedung Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Baca juga: Pelatihan & Mentoring Terkait Data Analis Secara Gratis Dari Ahli Spesialis
Acara Graduation Night Dari Compfest Universitas Indonesia
Dokumentasi semua bidang

Peserta dari setiap bidang akan dipecah untuk dibentuk jadi satu kelompok yang terdiri dari masing-masing bidang akademi. Kelompok yang dibentuk akan diberi waktu 90 menit untuk menyelesaikan suatu studi kasus. Yakni membuat suatu solusi dari permasalahan yang sudah disiapkan panitia.

Penggabungan masing-masing bidang dalam satu kelompok dilakukan tentunya bukan tanpa alasan, melainkan agar masing-masing bidang dapat berkontribusi dalam mengemukakan pendapat.

Panitia akan memberikan dataset dalam format csv. Dataset yang diberi hanya memuat informasi omzet UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) beserta status sudah masuk online atau belum. Dari data tersebut perserta ditantang untuk menganalisis masalah dan memberikan solusi.

Dari bidang data science akan menganalisis dataset yang ada, bidang user experience yang akan melakukan wawancara untuk membuat user persona, bidang software engineering yang akan merancang desain aplikasi dan start-up yang akan mengembangkan dan meningkatkan brand produk sasaran.

Tim HESA — peserta Data Science Academy dari STEM Universitas Prasetiya Mulya

Diakhir, setiap tim akan diminta untuk memaparkan hasil diskusi di depan para juri profesional dibidang product management.

“walaupun pada saat studi kasus saya merasa banyak kebingungan, karena pada dasarnya saya belum paham banyak terkait data science dan tujuan saya mengikuti ini juga untuk belajar, banyak pelajaran-pelajaran penting yang saya peroleh. Terutama, perihal kerja sama tim. Saya juga mendapatkan pelajaran baru bahwa dengan kerja sama tim walau berbeda bidang dan pandangan, akan menghasilkan satu gagasan inovasi baru yang kuat.”
~Ardiansyah Tanjung, Computer Systems Engineering 2020 (HESA – kiri)

Leave a Reply