404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
Mentoring Terkait Data Analisis Secara Gratis Dari Ahli Spesialis

Pelatihan & Mentoring Terkait Data Analisis Secara Gratis Dari Ahli Spesialis

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > Blog > Pelatihan & Mentoring Terkait Data Analisis Secara Gratis Dari Ahli Spesialis

Data Science Academy (DSA) merupakan ajang pelatihan terkait data science yang diselenggarakan oleh panitian Compfest Universitas Indonesia.

Selain DSA, ada juga pelatihan lain yang juga diselenggarakan seperti Software Engineering Academy (SEA), Start-Up Academy (SUA) dan User Experience Academy (UEA). Namun pada kesempatan kali ini, Ardiansyah Tanjung, I Wayan Adi Saputra dan Muhammad Farhan (Computer Systems Engineering ’20) berniat mengikuti pelatihan DSA guna memperdalam materi seputar data science disamping beban mata kuliah di kampus.

Pelatihan tersebut berlangsung selama 3 minggu (1 – 21 Agustus 2022) yang dibagi menjadi 3 camp. Dimana setiap minggu disela-sela camp, peserta diwajibkan melakukan mentoring bersama mentor yang sudah dibagi kepada setiap tim. Mentoring bertujuan untuk recheck pemahaman materi serta konsultasi terkait tugas akhir nantinya.

Baca juga: Delegasi Indonesia Untuk ASEAN Cultural Digital Ambassador Transformation Program 2022: Unity in Bytes
Mentoring Terkait Data Analisis Secara Gratis Dari Ahli Spesialis
Dokumentasi saat sesi mentoring

Camp 1

Camp pertama dihari pertama dibuka dengan materi “Introduction to Data Science in Business”, yaitu pengenalan data science dalam dunia bisnis. Dibawakan oleh Aqsath Rasyid selaku Chief Executive Officer Nolimit Indoneisa, beliau memaparkan materi terkait hal dasar yang harus diketahui sebelum mendalami data science, seperti alasan data science dibutuhkan, 5V of big dataanalytics type dan banyak hal lainnya.

Dihari kedua, bekal materi diberikan oleh Ajeng Prastiwi selaku Data Scientist DANA, dengan judul materi tentang “Statistics & Data Science” yaitu seputar pentingnya statistika untuk data science, istilah dasar pada statistika, serta konsep statistik deskriptif dan statistik inferensial.

Lanjut dihari berikutnya yaitu ketiga, pembekalan materi dari seorang Data Scientist perusahaan OVO yakni Giventris Jeremia. Materi yang dibawakan tentang “Exploratory Data Analysis” atau yang dikenal dengan istilah EDA. Beliau memaparkan terkait perbedaan exploratory dan explanatory, pengertian EDA, objektif dari EDA, dan beberapa topik lainnya yang tentunya sangat dibutuhkan untuk lebih memahami tahapan EDA. Beliau juga menambahkan sesi hands-on coding, yaitu praktek langsung menggunakan python.

Dihari keempat, yakni hari terakhir camp 1, pemaparan materi dilakukan oleh Muhammad Risman selaku Data Scientist dari perusahaan Indocyber Global Teknologi. Pada hari keempat ini, dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama pemaparan materi tentang “Data Wrangling and Pre-Processing with Pandas”, yaitu hal-hal teknis yang berkenaan dengan data manipulation, summary statistics, extracting value from a dataframe, missing value serta dilanjut dengan hands-on coding. Sesi kedua, peserta diminta untuk menyelesaikan study case yang sudah disiapkan secara kelompok acak.

Camp 2

Berbeda dari camp sebelumnya yang membahas terkait hal-hal yang berkaitan dengan data, camp 2 ini kan banyak membahas seputar Machine Learning. Selama Camp 2 ini akan dibawakan oleh seorang profesional, yakni Rendi Chevi, Seorang AI Research Scientist di perusahaan Kata.AI. Walau dibawakan oleh satu orang, namun untuk materi setiap pertemuan tentunya akan berbeda-beda. Seperti dihari pertama tentunya beliau memperkenalkan terlebih dahulu apa itu machile learning dalam “Introduction to Machine Learning”. Beliau memaparkan terkait kaitan antara Machine Learning dengan Artificial Intelligence sebagai gambaran awal sebelum pendalamn materi.

Dihari kedua, pemaparan materi terkait “Supervised Learning”, salah satu materi penting dalam machine learing. Beliau memaparkan terkait regression dan classification serta perceptron dan turunannya. Beliau juga melakukan sesi hands-on coding penggunaan perceptron model untuk pendalaman materi.

Dihari ketiga, materi yang dipaparkan tentang “Unsupervised Learning”, yang juga merupakan salah satu materi penting dalam machine learning. Beliau menjelaskan tentang bagaimana suatu mesin dapat berjalan tanpa pengawasan dengan menngunakan metode dimensionality reduction, clustering, atau density estimation. Di lanjut dengan sesi hands-on coding untuk pendalaman materi.

Dihari keempat, beliau menjelaskan tentang materi “Introduction to Deep Learning”, pengenalan materi mendalam dari machine learning. Sama seperti camp pertama, dihari keempat juga diberikan study case yang harus diselesaikan secara berkelompok acak.

Camp 3

Camp 3 merupakan camp terakhir, pada camp ini materi yang diberikan lebih kepada visualisasi data, dan hanya berlangsung selama dua hari. Dihari pertama, diawali dengan pembekalan materi terkait “Advanced EDA With Tablue” oleh Aisyah Khoiril Ulfah, Senior Data Analytics di Tokopedia. Beliau mengulik banyak tentang cara instalasi Tableau, data source pagedata and analytics panebar chartsshelvescombination chart (pareto)text tables serta create dashboard.

Pembekalan materi dihari kedua dari Dita Amaliya, seorang Data Analytics Manager Jabar Digital Service. Materi yang diberikan yakni tentang “Data Storytelling”, yaitu tentang bagaimana berkomunikasi sebagai kreator untuk mengetahui audience secara spesifik.

Leave a Reply