404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
Mengenal Prof Yudi Samyudia, Sosok Inspiratif dari Sekolah STEM

Mengenal Lebih Dekat Prof Yudi Samyudia, Sosok Inspiratif dari Prodi Renewable Energy

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > Blog > News & Article > Mengenal Lebih Dekat Prof Yudi Samyudia, Sosok Inspiratif dari Prodi Renewable Energy
Prof Yudi Samyudia, Dekan Sekolah STEM
Sumber: theborneopost.com

Dibalik suksesnya suatu institusi pendidikan, pasti terdapat sosok yang berperan penting. Kualitas institusi pendidikan dinilai dari berbagai aspek, salah satunya yaitu kualitas civitas akademiknya, baik mahasiswa, dosen, serta staf dalam suatu institusi tersebut. 

Demi menjamin kualitas pendidikan di Sekolah STEM Terapan, Universitas Prasetiya Mulya menjamin seluruh tenaga pendidik merupakan lulusan unggulan dari Universitas ternama baik di Indonesia maupun di luar negeri. 

Salah satunya merupakan orang terpenting dan nomor satu di Sekolah STEM Terapan yaitu Dekan Sekolah STEM Terapan, Prof. Yudi Samyudia, PhD. Beliau telah berkarir lebih dari 25 tahun di dunia pendidikan, bukan hanya di Indonesia, beliau telah bekerja sebagai akademisi di berbagai negara seperti, Australia, Amerika Serikat, Belanda, Kanada, dan juga di Malaysia.

Beliau memiliki banyak pengalaman sebagai akademisi dan peneliti di berbagai institusi pendidikan yang terkemuka seperti Universitas Katolik Parahyangan, Curtin University (Kampus Sarawak, Malaysia), McMaster University, TU Delft, Purdue University and Institut Teknologi Bandung. 

Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun di institusi pendidikan beliau telah menerbitkan lebih dari 100 jurnal dan telah menerima banyak hibah penelitian baik dari industri maupun pemerintah, seperti Shell, Dofasco, Natural Sciences and Engineering Research Council of Canada (NSERC Canada), Ministry of Science, Technology and Innovation (MOSTI Malaysia), Ministry of Science and Technology (MST China), dan RISTEK/BRIN Indonesia. 

Saat ini beliau memilih berfokus pada pengembangan inovasi di bidang STEM untuk mendorong bisnis di Indonesia melalui proyek multi-disiplin. Dibalik prestasi-prestasi beliau dibidang akademik sejak tahun 1990-an, beliau pernah menjabat sebagai petinggi salah satu kampus terkemuka di Australia dan menariknya beliau menjadi Wakil Rektor pertama yang bukan kewarganegaraan Australia di Curtin University (Kampus Sarawak). 

Hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi civitas akademika Sekolah STEM Terapan, dari pengalaman beliau tersebut membuktikan bahwa beliau memiliki dedikasi yang sangat tinggi di bidang pendidikan. 

Saat ini beliau menjadi Dekan Fakultas STEM Terapan sekaligus sebagai dosen Program Studi Renewable Energy Engineering. Harapannya beliau dapat membawa Universitas Prasetiya Mulya, khususnya Sekolah STEM Terapan lebih maju lagi baik dari dibidang akademik, penelitian, maupun pengabdian masyarakat.

Sumber

Leave a Reply