404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
Mahasiswi Sekolah STEM Terapan Raih Juara 3 Nasional

Mahasiswi Sekolah STEM Terapan Raih Juara 3 Nasional

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > Blog > News & Article > Mahasiswi Sekolah STEM Terapan Raih Juara 3 Nasional
energi listrik

Sekolah STEM Terapan Universitas Prasetiya Mulya kembali menorehkan prestasi melalui mahasisawanya.  Mahasiswi Sekolah STEM Terapan Universitas Prasetiya Mulya berhasil meraih juara 3 poster competition dalam National Electrical Power System (Nesco).

National Electrical Power System (Nesco) merupakan kompetisi berskala nasional bidang ketenagalistrikan dan terdiri dari beberapa kompetisi yang diselenggarakan oleh Universitas Gajah Mada.  Putu Ayu Narsih Sukmawati mahasiswi S1 Renewable Energy Engineering Sekolah STEM Terapan Universitas Prasetiya Mulya berpartisipasi pada Poster Competition NESCO 2021 dengan membawa ide LIWEL (Solid Waste to Electricity): Pemanfaatan Limbah padat menjadi sumber energi listrik. Ayu Narsih melihat kedaan lingkungan dengan sampah yang tertimbun dan tidak dimanfaatkan, Ayu Narsih yang merupakan mahasiswi jurusan energi terbarukan di Sekolah STEM Terapan kemudian ia melihat peluang bahwa sampah tersebut dapat diolah menjadi suatu energi listrik dengan sumberdaya baru.

Pada posternya, Ayu Narsih memaparkan mengenai permasalahan timbunan sampah padat yang didominasi oleh limbah organik. Hal yang berbahaya dari Limbah organik adalah limbah organik akan akan menghasilkan jumlah gas metana dan akan mengganggu lingkungan apabila didiamkan tertimbun dimana-mana. Oleh karena itu, gas yang dihasilkan pada limbah ini dimanfaatkan menjadi biogas yang dapat digunakan untuk menggerakkan generator dan menghasilkan listrik, serta pupuk untuk limbah cair dan padatnya. 

“Melalui inovasi tersebut, diharapkan pemanfaatan limbah semakin banyak sehingga mengurangi dampak di lingkungan dan dapat menjadi salah satu sumber suplai listrik.”

Leave a Reply