404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
Laboratorium Kampus STEM Prasmul Siap Layani Berbagai Pihak

Laboratorium Kampus STEM Prasmul Siap Layani Berbagai Pihak

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > Blog > Laboratorium Kampus STEM Prasmul Siap Layani Berbagai Pihak

Laboratorium Kampus STEM Prasetiya Mulya

Laboratorium Kampus + STEM Prasetiya Mulya

Memiliki laboratorium dengan kualitas baik adalah hal penting di sebuah kampus. Adanya laboratorium yang memadai menunjang kegiatan penelitian. Karenanya di Kampus STEM Prasetiya Mulya didirikan Collaborative STEM Laboratories.

Ini adalah laboratorium untuk mahasiswa dan dosen ketika melakukan eksperimen serta pembuatan model produk (prototyping). Laboratorium ini memiliki konsep kolaboratif antar displin ilmu. Civitas akademika dapat mengembangkan produk inovatif yang digunakan dalam sebuah bisnis.

Saat ini Collaborative STEM Laboratories dapat digunakan untuk pengembangan bidang seperti: E-Platform, Material & Energy, CAD/CAM Simulation, dan Food & Analytics.

Laboratorium Kampus + STEM Prasetiya Mulya

Laboratorium kampus STEM Prasetiya Mulya memiliki enam lantai. Berbagai jenis laboratorium yang ada disiapkan untuk civitas akademika melakukan eksperimen dan berinovasi.

Selain dapat digunakan oleh internal, alat-alat laboratorium terbaru di Kampus STEM Prasetiya Mulya digunakan oleh eksternal. Mereka yang berasal dari eksternal dapat melakukan penelitian dan dibantu oleh laboran dari Sekolah STEM.

Salah satu contoh laboratorium yang bisa digunakan adalah Advance Microscopy Lab. Laboratorium ini memiliki Scanning Electron Microscope (SEM) yang digabungkan dengan Energy Dispersive X-ray (EDX).

Alat tersebut dapat memberikan gambar resolusi tinggi untuk topografi permukaan. Selain itu analisis unsur berbagai bahan dalam skala nano. Laboratorium yang berfokus pada bidang Food & Analytics tersebut dapat dimanfaatkan oleh pihak eksternal.

Ada 3 jenis layanan yang diberikan oleh laboran CSL untuk laboratorium ini. Layanan yaitu analisa imaging, pengujian proksimat (kadar air, abu, protein total, lemak total, karbohidrat by difference), dan pengujian nilai kalori.

Melalui laboratoriumnya, STEM Prasetiya Mulya ingin hadir membantu kegiaan penelitian. Baik untuk pihak internal dan eksternal. Alat canggih yang ada diharapkan membantu eksperimen ketika membutuhkan alat laboratorium khusus.

STEM Prasetiya Mulya berusaha untuk memberikan pelayanan terbaik. Sudah ada beberapa testimoni dari pengguna Collaborative STEM Laboratories, khususnya Scanning Electron Microscope (SEM) & Energy Dispersive X-ray (EDX).

“Responnya baik dan proses analisanya cepat” (Mahathir, Universitas Indonesia)

“Pelayanannya bagus, semoga makin baik lagi ke depannya” (Vamelia, Universitas Andalas)

“Kualitas untuk uji SEM baik” (Murid Dwiyaniti, Universitas Indonesia)

“Sudah sangat baik dan cepat tanggap dari pelayanannya” (Selly Via, Universitas Prasetiya Mulya)

STEM Prasetiya Mulya berharap dapat memberikan pelayanan yang baik bagi konsumen laboratorium. Melalui laboratium yang ada juga dapat membantu dalam melakukan eksperimen dan inovasi untuk kedepannya.

Bagi kalian yang ingin menggunakan layanan alat laboratorium dapat menghubungi pihak CSL melalui collaborative.stem.labs@prasetiyamulya.ac.id atau melalui WA CSL di 0896-0119-9252.

Leave a Reply