404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
Istilah Dalam Dunia Software yang Kerap Jadi Tagline Keyword

Istilah Dalam Dunia Software yang Kerap Jadi Tagline Keyword

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > Blog > Istilah Dalam Dunia Software yang Kerap Jadi Tagline Keyword

Sebagai seorang engineer khususnya bergerak dibidang software atau perangkat lunak, menjadi suatu keharusan untuk mengetahui seputar istilah yang ada guna memudahkan komuniasi dan interaksi.

Berikut beberapa istilah seputaran dunia perangkat lunak atau software yang sering digunakan atau diucapkan, diantaranya:

Baca juga: Offline VS Online? Metode Pembelajaran serta Ujian STEM Prasmul
Istilah Dalam Dunia Software yang Kerap Jadi Tagline Keyword
© instagram.com/stemprasetiyamulya

Start-Up

Perusahaan rintisan yang baru berjalan dan menerapkan inovasi teknologi sebagai penggerak bisnis utamanya, didirikan oleh pengusaha dengan alsan atas dasar keyakinan adanya permintaan terhadap produk yang dibuat, dan biasanya perlu modal yang besar untuk memulai suatu perusahaan start up [1].

Hackathon

Merupakan gabungan dari dua kata “hack” yang artinya “retas” dan “marathon” yang jika diartikan bermakna sesuatu yang dikerjakan secara terus-menerus dalam jangka waktu yang terbilang panjang. Sehingga jika digabungkan, hackathon dapat disimpulkan sebagai suatu ajang para start up untuk mengembangkan software milikinya.

CTO (Chief Technology Officer)

Dalam suatu perusahaan atau susunan jabatan, pasti ada namanya CEO (Chief Exceutive Officer) yaitu orang yang memiliki jabatan tertinggi dalam suatu perusahaan. Namun, tidak banyak yang tau dengan keberadaan CTO (Chief Technology Officer) yang juga memgang peranan penting dalam kemajuan perusahaan, CTO merupakan eksekutif yang memegang tanggung jawab khusus atas kebutuhan, penelitian serta pengembangan teknologi guna memajukan perusahaan dibidang teknologi dan digital.

Project Management

Keahlian ini digunakan untuk mengelola suatu projek untuk menghasilkan produk sesuai dengan permintaan yang diberikan. Dilansir dari laman Project Management Institute, project management mengacu pada seperangkat pengetahuan dan keterampilan untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai kemudian disampaikan kepada orang-orang, pengembangan perangkat lunak merupakan salah satu contoh dari project managemnet dibidang software [2].

User Experience (UX)

Istilah ini pasti sudah sangat kerap didengar dalam dunia software, terutama dalam pembuatan website atau aplikasi. User experience merupakan proses merancang suatu produk melaui pendekap pengguna dengan melakukan wawancara dan problem solving sehingga produk yang nantinya dihasilkan sesuai kebutuhan target pasar.

User Interface (UI)

Kerap disandingkan dengan User Experience (UX) dan menjadi fokus dari bidang software, user interface merupakan tampilan visual desain sebuah sistem yang memungkinkan pengguna terhubung dan berinteraksi dengan produk tersebut.

[1] Grant, Mitchell. (15 September 2021). Startup. Investopedia. https://www.investopedia.com/terms/s/startup.asp#:~:text=A%20startup%20is%20a%20company,capitalists%2C%20crowdfunding%2C%20and%20loans.
[2] "What is Project Management?". Project Management Institute, https://www.pmi.org/about/learn-about-pmi/what-is-project-management. Diakses 28 Mei 2022.

Leave a Reply