404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
Industrial Product Design / Product Design melalui Youtube

Industrial Product Design / Product Design melalui Youtube

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > Blog > Industrial Product Design / Product Design melalui Youtube

Untuk memperkuat ilmu yang diperoleh dari kelas perkuliahan, mahasiswa Product Design / Industrial Product Design juga dapat belajar secara mandiri. Di era informasi dan teknologi yang serba-serbi saat ini, banyak acuan dan sumber berharga yang dapat digunakan untuk menambah wawasan dan melatih keterampilan mahasiswa dalam merancang dan mengembangkan sebuah ide produk.

Salah satu sumber yang lazim digunakan adalah Youtube, situs kanal untuk berbagi video. Saat ini banyak sekali kanal Youtube tentang Industrial Design / Product Design yang memberikan informasi yang sangat berharga. Berikut ulasan secara singkat tentang 5 kanal menarik yang sering dijadiakn acuan dan sumber motivasi, diantaranya:

Baca juga: Climate Designer: Desainer Produk dan Perubahan Iklim
Industrial Product Design / Product Design melalui Youtube

Product Design Online

Kanal yang dikelola Kevin kennedy ini menyajikan informasi tentang penggunaan Computer-Aided Design, khususnya dengan Software Autodesk Fusion 360. Selain itu, informasi lainnya tentang proses pembuatan prototype / produksi (3D printing dan woodworking) juga dapat diperoleh dari kanal ini.

ByDesign TV

Kanal ini menampilkan episode, wawancara, dan cuplikan di balik layar dari serial TV America By Design, California By Design, New York By Design, Australia By Design, dll.

Seluruh serial ini dikelola oleh saluran TV ByDesign, yang mengkhususkan ulasan terkait design dan rancangan.

Sketch A Day

Melalui kanal ini, Spencer Nugent (seorang Industrial Designer dari Amerika) membagikan banyak tips dan informasi tentang sketsa desain, berpikir visual, kreativitas, dan karir dalam dunia Desain Produk Industri.

Design Theory

Kanal ini berfokus pada pemahaman dan pengajaran prinsip-prinsip desain industri yang baik. Kanal yang dikelola oleh John Mauriello, seorang desainer industri dan pengajar pada California College of the Arts ini mengajarkan kiat-kiat desain yang dapat ditindaklanjuti dan bermanfaat.

Informasi yang diberikan mencakup ulasan portofolio desain, analisis desain produk, prinsip desain, bahasa bentuk, dan banyak topik terkait desain lainnya.

Jimmy Design

Berbeda dari kebanyakan situs kanal yang menyajikan informasi tentang ‘how to’ atau keterampilan teknis merancang produk (sketsa, pemodelan 3D, prototyping dll), kanal yang dikelola Jimmy Huynh ini cukup sering membahas tentang pengembangan pribadi dan karir sebagai desainer produk industri.

Kanal YuTube
[1] Product Design Online
[2] ByDesign TV
[3] Sketch A Day
[4] Design Theory
[5] Jimmy Design

Leave a Reply