404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
CLAVE 3.0 : Annual Event Prodi Food Business Technology

CLAVE 3.0 : Annual Event Prodi Food Business Technology

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > S1 Food Business Technology > CLAVE 3.0 : Annual Event Prodi Food Business Technology
Peserta CLAVE 3.0

CLAVE 3.0 adalah acara tahunan yang diselenggarakan di bawah naungan Prodi S1 Food Business Technology Universitas Prasetiya Mulya. CLAVE 3.0 telah berhasil dilaksanakan dengan mengusung tema “Probiotics Innovation: Your Healthy Future Begins Now!”. CLAVE yang merupakan kegiatan untuk anak SMA, melalui CLAVE 3.0 kembali menantang siswa SMA untuk membuat food product ideation dan business plan yang nantinya akan dipresentasikan melalui video singkat dan pitching dari ide, rancangan, hingga penjelasan ide produk yang peserta usung sesuai dengan tema pada tahun ini yang berkaitan dengan produk yang memberikan manfaat dalam meningkatkan imunitas

Pada hari Sabtu, 11 September 2021, Clave 3.0 telah melaksanakan pre-event berupa “Coaching“, yang dibuat khusus untuk peserta CLAVE 3.0. Tujuan dari sesi coaching ini sendiri adalah memberikan edukasi mengenai “Pengembangan Produk Probiotik” dan “Teknik Presentasi Efektif untuk Pitching Ide Bisnis” untuk mempersiapkan peserta pada main event CLAVE 3.0 yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 16 Oktober 2021. Pada sesi coaching ini, peserta diberikan kesempatan untuk berkonsultasi dan berdiskusi langsung dengan pemateri yang merupakan Faculty Member Food Business Technology Universitas Prasetiya Mulya, yaitu Ibu Rike Tri Kumala Dewi, M.Si dan Ibu Nurhayati, M.Si.

Pada main event CLAVE 3.0 yang dilaksanakan pada Sabtu, 16 Oktober 2021 lalu dihadiri oleh 190 partisipan dari berbagai kalangan seperti dosen, mahasiswa, pelajar SMA, dan tentunya para peserta lomba CLAVE 3.0 sendiri. Acara dibuka oleh Ibu Lina Jaya Diguna Ph.D. selaku Direktur Program Desain, Rekayasa, dan Teknologi, Sekolah STEM Terapan dan Ibu Dr. Rahmawati sebagai Ketua PATPI Jakarta. Materi webinar pertama dibawakan oleh Bapak Riyan Angriawan, Ph.D. yang merupakan Faculty Member Food Business Technology dengan topik “Probiotics Application in Functional and Nutraceutical Food Industry”.

Ibu Yunawita menjadi salah satu speaker CLAVE 3.0

Selanjutnya, materi kedua dibawakan oleh Ibu  Ir. Yunawati Gandasasmita, M.Sc. selaku Komite Regulasi Teknis Pangan GAPMMI, dengan mengangkat topik berjudul “Opportunities and Challenges for Food Business in COVID-19 Era”. Sesi webinar ini dimoderasi oleh Ibu Fransisca Wijaya, M.P. yang juga Faculty Member Food Business Technology. Acara ini berlangsung dengan lancar dan sangat baik. Selama webinar berlangsung, para peserta sangat antusias terhadap materi yang disampaikan. Hal ini terlihat dari berbagai pertanyaan unik dan komentar yang dikirimkan melalui kolom chat.

Setelah melalui proses yang panjang dan penilaian yang objektif, didapatkan pemenang acara CLAVE 3.0 yang diumumkan di akhir acara sebelum penutupan CLAVE 3.0. Juara pertama yakni tim Alpha Inovativa dari SMA PAHOA dengan produk inovasinya yakni Aiyou; minuman probiotik modifikasi yoghurt low-fat yang dilengkapi dengan boba ubi ungu dengan sirup rempah khas nusantara. Juara kedua diraih oleh tim Zingcy dari SMAK Penabur Kota Tangerang dengan produk inovasinya yakni Zycrobobalato; Ice cream berbahan dasar fermentasi jahe dengan tambahan topping boba fermentasi nanas serta croffle sebagai cone-nya. Juara ketiga diraih oleh tim Pos P-Lab dari PrimeOne School dengan produk inovasinya yakni Tempetizing; saus oles probiotik yang berbasis tempe.

Leave a Reply