404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
Ada di STEM — Kategori 18 Lulusan Kuliah Paling Diincar Dunia Kerja

Ada di STEM — Kategori 18 Lulusan Kuliah Paling Diincar Dunia Kerja

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > Blog > Ada di STEM — Kategori 18 Lulusan Kuliah Paling Diincar Dunia Kerja

Ada beberapa lulusan dari juruan yang ada di kampus yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Dilansir dari laman Sindonews.com setidaknya ada 18 kategori lulusan dari berbagai jurusan yang paling diincar di dunia pekerjaan. Teknik informatika, kedokteran, teknik elektro, robotika dan lainnya.

Dari 18 tersebut, beberapa diantaranya ada di jurusan STEM berikut pemaparan terkait jurusan yang ada di STEM yang termasuk dalam 18 Lulusan Kuliah Paling Diincar Dunia Kerja:

Baca juga: Collaborative Learning By Enterprising: Kolaborasi Bisnis Dalam Teknik
Ada di STEM — Kategori 18 Lulusan Kuliah Paling Diincar Dunia Kerja
© instagram.com/stemprasetiyamulya

Teknik Informatika (Digital Business Technology)

Menduduki peringkat pertama sebagai jurusan dengan peluang karier yang cukup menjanjikan, seorang teknik informatika disebut sebagai pionir vision untuk masa depan. Selama perkuliahan, mahasiswa teknik informatika memang dibekali ilmu pengetahuan mendalam tentang digital dan teknologi. Dengan perkembangan zaman yang semakin pesat seperti saat ini, prospek karier seorang teknik informatika memang sangat dibutuhkan untuk terus mengembangkan digitalisasi perusahaan.

Software Engineering atau yang sekarang berubah nama menjadi Digital Business Technology merupakan teknik Informatikanya STEM Universitas Prasetiya mulya. Selain belajar tentang teknologi dan digital, seperti website, aplikasi dan sejenisnya, juga diajarkan tentang bagaimana mengolah hal tersebut menjadi sebuah peluang bisnis usaha. Dengan kapabilitas mahasiswa yang memumpuni ditambah bekal materi yang diajar dikelas, menjadi batu loncatan sekaligus peluang besar diterima didunia pekerjaan.

Ilmu Komputer (Computer Systems Engineering)

Kerap dianggap sama dengan jurusan sebelumnya yaitu teknik informatika, namun secara spesifik ilmu komputer memiliki perbedaan dengan teknik informatika. Perbedaannya terletak pada fokus masing-masing jurusan.

Walaupun berbeda, kedua bidang ini sangat dibutuhkan didunia pekerjaan. Skill seorang teknik informatika dibutuhkan untuk menangani bagian software suatu website atau aplikasi. Sedangkan seorang teknik komputer dibutuhkan untuk menangani bagian perangkat yang mengalami kendala teknis.

Computer Systems Engineering, jurusan yang belajar dan erat hubungannya dengan perangkat-perangkat komputer. Dibekali materi penunjang terkait demi mempersiapkan mahasiswa paham akan dunia teknologi komputer dan perangkat keras.

Statistika (Business Mathematic)

Dewasa ini, ramai menjadi topik perbincangan tentang data scientist dan paling banyak dibutuhkan disuatu perusahaan. Kemampuan seorang data scientist dalam mengolah dan menganalisis data serta memprediksi kemungkinan yang akan terjadi berdasarkan data terebut, menjadi alasan kenapa seorang data scientist sangat dibutuhkan dalam suatu perusahaan.

Berbicara soal statistika, Business Mathematic pilihannya. Selain belajar tentang aktuaria dan statistika, mahasiswa juga belajar tentang ekonomi mikro dan makro. Sehingga, paling tidak paham mengenai perencanaan keuangan dalam analisis data suatu perusahaan nantinya.

Desain (Product Design Engineering)

Seorang desainer juga sangat dibutuhkan dalam suatu perusahaan. Terlepas dari fokus desainnya grafis, produk, interior, komunikasi visual atau fokus desain lainnya, tentunya sangat dibutuhkan untuk perancangan.

Product Design Engineering, berfokus pada desain produk, menghadirkan nuansa berbeda dari jurusan desain pada umumnya. Mahasiswa dituntun untuk mampu merepresentasikan rancangan produk yang sesuai dengan permasalahn dan target pasar.

Desain produk sendiri masih terbilang sedikit untuk jurusan yang ada di Indonesia. Dengan tingkat kebutuhan seorang desain produk yang tinggi, menjadi tugas tersendiri bagi jurusan Product Design Engineering untuk mampu menyesuaikan diri dengan pangsa pasar yang ada dengan memberikan materi yang sepadan dengan kebutuhan yang ada.

Purwadi, M. (2022). 18 Jurusan Kuliah yang Lulusannya Paling Dibutuhkan Dunia Kerja. Diakses pada 22 Juni 2022 dari https://edukasi.sindonews.com/read/682579/211/18-jurusan-kuliah-yang-lulusannya-paling-dibutuhkan-dunia-kerja-1644494527?showpage=all

Leave a Reply