404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
Collaborative Learning By Enterprising: Kolaborasi Bisnis Dalam Teknik

Collaborative Learning By Enterprising: Kolaborasi Bisnis Dalam Teknik

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > Blog > Collaborative Learning By Enterprising: Kolaborasi Bisnis Dalam Teknik

Pada dasarnya, teknik dan bisnis adalah dua hal yang berbeda dan saling bertolak belakang. Secara garis besar, teknik belajar tentang teknisi, perangkat dan hal-hal yang berkenaan dengan peralatan mekanik sedangkan bisnis belajar tentang manajemen keuangan dan semacamnya.

Dalam skala Universitas, teknik dan bisnis pasti ditempatkan di fakultas yang berbeda. Universitas Prasetiya Mulya sendiri, memiliki fakultas teknik yang dikenal dengan sebutan School of Applied STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematic) dan fakultas bisnis bernama SBE (School of Business and Economic).

Khusuhya fakultas STEM, walaupun jurusan didalamnya berbasis teknik, mahasiswa juga diajarkan tentang bisnis dan bagaimana mengolahnya, hal tersebut yang menjadi pembeda STEM dengan fakultas teknik di kampus lain.

Collaborative Learning By Enterprising: Kolaborasi Bisnis Dalam Teknik
@STEM Prasetiya Mulya

STEM Prasetiya Mulya menerapkan yang namanya kolaborasi, Collaborative Learning By Enterprising. Menjunjung tinggi keyakinan bahwa peranan kolaborasi sangat penting dalam proses pembelajaran, selain dalam hal pengetahuan dan kemampuan teoritis tetapi juga untuk penerapan pengetahuan holistik dalam bisnis dan dunia profesional.

Dengan menerapkan sistem kolaborasi juga diharapkan mampu melahirkan lulusan yang tidak sekedar paham teori teknik untuk menciptakan suatu inovasi, tetapi juga mampu memberikan sumbangsi kedapa siri sendiri dan orang lain dengan menerapkan ilmu bisnis yang diajarkan.

Beberapa tanggapan positif mahasiswa terkait School of Applied STEM seperti,

“STEM itu merupakan fakultas tekniknya Universitas Prasetiya Mulya.
Ada hal yang menarik ni dari sini, disini kita ga cuma diajari tentang ilmu teknik semata, tetapi juga belajar dan diajari tentang sisi bisnis dari suatu inovasi,
Collaborative Learning By Enterprising namanya. Harapannya, kita tidak cuma sekedar memberikan solusi dari suatu permasalahan yang ada di pasar dan masyarakat melainkan bagaimana kita mengolah inovasi tersebut menjadi suatu hal yang bernilai dan menjadi peluang bisnis untuk kedepannya.”
Putra Pangestu ~ Mahasiswa Product Design Engineering ’20

Fakultas STEM menyediakan pusat sebagai fasilitas untuk mahasiswa yang ingin menginkubasikan inovasi bisnis yang digagas, STEMPreneur Center, merupakan platform untuk mengembangkan keterampilan mahasiswa yang relevan dengan mendapatkan pengalaman profesional yang nyata.

Dimentori oleh faculty member yang ahli dibidangnya, mahasiswa juga dituntun untuk ikut serta dalam kegiatan lomba, penelitian, projek kasus nyata, magang dan kegiatan lainnya guna mengembangkan keterampilan hidup dimasa depan.

Leave a Reply