404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
Offline VS Online? Metode Pembelajaran serta Ujian STEM Prasmul

Offline VS Online? Metode Pembelajaran serta Ujian STEM Prasmul

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > Blog > Offline VS Online? Metode Pembelajaran serta Ujian STEM Prasmul

Setelah hampir 2 tahun lamanya hidup dengan situasi dan kondisi berdampingan dengan pandemi. Bahkan sekarang masih dikategorikan belum sepenuhnya kembali normal. Banyak kegiatan yang tadinya dilakukan offline harus diadaptasi menjadi online. Banyak instansi seperti pendidikan, perkantoran, swasta bahkan negri membuat kebijikan untuk melakukan kegiatan dari rumah (work from home) demi menjaga pelaku terkait agar tidak terpapar penyakit.

Baru-baru ini, Universitas Prasetiya Mulya kembali menggelar pelaksaan perkuliahan offline setelah sekian lama belajar daring dari rumah. Kegiatan seperti belajar dikelas, praktikum dan bahkan ujian dikelas kembali dilaksanakan. Dikarekana kondisi yang belum sepenuhnya kembali normal, hanya beberapa mata kuliah serta pemberlakuan hibrid yang dilaksakan yang menjadi fokus perhatian, khususnya mata kuliah yang diampu mahasiswa STEM.

Pemberlakuan hibrid tersebut dilaksanakan guna melihat respon dari beberapa pihak terkait, tentang keterimaan metode hibrid yang dilaksanakan. Dan ternyata banyak mendapatkan tanggapan positif terutama mahasiswa yang mulai merasa bosan belajar dari rumah.

Baca juga: Kepribadian Seorang Pemikir Desain (Design Thinker)
Online VS Offline: Metode Ujian Tengah Semester STEM Prasmul

“Perasaan aku waktu ujian offline kemaren pastinya senang ya, ujian perdana juga dikampus dari sekian lama kelas online, karna vibes ujiannya lebih dapat gitu, suasana ujian, hening, deg-degan, berasa kayak lagi lomba kompetisi gitu kalo dilakuin ujian offline, heheh.

Selama ini kan kita cuma kelasnya dari rumah, nah dengan adanya ujian offline plus kemaren juga udah sempat beberapa kelas offline jadi lebih ada motivasi gitu buat belajar, kalo dirumah kan ya kita tau sendiri pasti banyak godaan yak.

Nah dengan adanya ujian offline ini juga jadi serasa lebih terbuka ujiannya dan memberikan gambaran “oh jadi gini aku kalo ujian offline dikampus” gitu”

Ardiansyah Tanjung
Computer Systems Engineering 2020

“Akhirnya bisa ketemu lagi sama temen-temen BusMath! Setelah 2 tahun cuma bisa belajar bareng di rumah masing-masing karena jarak dan Covid-19, akhirnya bisa ketemu ngumpul lagi di kampus sama temen yang selalu nemenin belajar kalo mau ada UTS/UAS.

Semoga bisa cepet kuliah di kampus kaya biasa biar bisa ketemu temen-temen terus!!”

Birgitta Frida
Business Mathematic 2019

Bebera tanggapan positif dari mahasiswa tersebut seakan memberikan gambaran serta harapan untuk kampus sesekali melaksakan offline walaupun keadaan yang sekarang belum sepenuhnya membaik. Instansi pendidikan khususnya perkuliahan setidaknya melakukan hibrid untuk melatih dan menumbuhkan kembali motivasi kepada mahasiswa yang sempat redup karena pandemi untuk tetap semangat belajar .

Leave a Reply