404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
Sustainable Development: Projek Kolaborasi Antar Program Studi

Sustainable Development: Projek Kolaborasi Antar Program Studi

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > Blog > Sustainable Development: Projek Kolaborasi Antar Program Studi

Ditinjau dari segi bahasa, sustainable development mengacu pada suatu proses dan upaya memberikan serta menciptakan pembangunan secara berkelanjutan untuk masa depan.

Dilansir dari laman artikel UNESCO, sustainable development merujuk pada suatu pembangunan dalam upaya memenuhi kebutuhan yang berlangsung untuk kehidupan saat ini tanpa mengorbankan kebutuhan generasi mendatang di masa depan [1].

Melihat peluang dan konsekuensi yang ada, fakultas STEM terapan Universitas Prasetiya Mulya mewadahi para mahasiswa program studi terkait untuk mempelajari dan mendalami teori tentang sosial pembangunan yang berkelanjutan dan hal-hal yang berkenaan dengan bidang tersebut pada mata kuliah susdev atau sustainable development.

Sustainable development merupakan mata kuliah yang diampu mahasiswa program studi khususnya Renewable Energy Engineering. Belajar tentang pemberdayaan pembangunan secara berkelanjutan, mahasiswa dituntut untuk berkontribusi lebih dalam memberikan gagasan dan pemikiran yang inovatif.

Tidak hanya berpatok pada jurusan Renewable energy Engineering, mata kuliah ini juga dibebankan kepada mahasiswa Digital Business Technology. Dengan menerapkan konsep kolaborasi antar program studi tersebut, diharapkan dapat memberikan dampak positif dan inovasi inspiratif dalam upaya penciptaan bumi yang jauh lebih baik.

Baca juga: Solar Water Pump: Proyek Kolaborasi Solar Energy Off-Grid System
Sustainable Development: Projek Kolaborasi Antar Program Studi

Mengapa harus jurusan Renewable Energy Engineering dan Digital Business Technology?

Pada kenyataannya, untuk menciptakan ide yang inovatif dapat terjadi dengan melakukan kolaborasi engineering. Mahasiswa Renewable Energy Engineering sendiri berperan dalam melakukan analisis potensi energi dan pengembangan metode yang relavan sedangkan mahasiswa Digital Business Technology yang akan melakukan eksekusi dan mewujudan produk hasil kolaborasi yang dilakukan.

Nantinya mahasiswa akan diberi suatu tugas berupa projek akhir semester yang dilakukan secara berkelompok, dimana projek tersebut dilakukan untuk memberikan solusi dan pandangan terkait masalah yang ada di lapangan.

Dengan modal materi dan bahan ajar selama perkuliahan, mahasiswa diminta untuk berperan aktif dan berpartisipasi dalam mewujudkan suatu gagasan dan solusi dengan menerapkan konsep sustainability sebagai nilai penting topik permasalahan. Projek tersebut akan dimuat dalam bentuk artikel tulisan ilmiah untuk dipaparkan kepada dosen pengampu sebagai bukti tugas akhir semester sekaligus partisipasi aktif dalam mewujudkan tujuan dari sustainable development.

Sumber:
[1] UNESCO. Sustainable Development. Diakses pada 10 April 2022 dari https://en.unesco.org/themes/education-sustainable-development/what-is-esd/sd#:~:text=Sustainable%20development%20is%20the%20overarching,to%20meet%20their%20own%20needs.%E2%80%9D 

Leave a Reply