404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
Peluang Kerja Lulusan Software Engineering sangat besar di era digital.

Melihat Peluang Lulusan Software Engineering

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > Blog > Melihat Peluang Lulusan Software Engineering

Apakah betul lulusan Software Engineering dapat bersaing di dunia kerja? Apa saja bidang yang bisa dimasuki oleh lulusan-lulusan jurusan Software Engineering?

Fakultas STEM Universitas Prasetiya Mulya mempunyai 6 program studi yaitu S1 Business Mathematics, S1 Energy Business and Technology, S1 Software Engineering, S1 Computer Systems Engineering, S1, Food Business Technology, dan S1 Product Design Engineering. Salah satu jurusan yang cukup diminati dari tahun ke tahun adalah S1 Software Engineering. Tentu bukan tanpa alasan mengapa jurusan ini cukup diminati. Setiap orang yang mendalami ilmu ini tentunya melihat peluang yang besar dalam jurusan Software Engineering. Kali ini kita akan sedikit mengulas apa saja peluang kerja yang bisa didapatkan oleh lulusan jurusan Software Engineering. Tentunya apa yang dimuat di sini tidak bermaksud membatasi pilihan dan peluang terhadap lowongan kerja yang ada. Akan tetapi, tulisan ini bisa menambah wawasan pembaca dan mungkin saja bisa menjadi sebuah acuan dalam memilih bidang kerja yang sesuai.

System Analyst

System Analyst merupakan salah satu pekerjaan yang sedang naik daun di dunia IT. System Analyst bertanggung jawab untuk melakukan analisis, merancang dan menginplementasikan sistem. Lulusan jurusan Software Engineering berpeluang besar untuk memasuki posisi yang satu ini. Ilmu yang diajarkan dalam jurusan ini tentunya akan menjadi bekal yang cukup bagi mahasiswa untuk melamar di posisi system analyst. Penguasaan terhadap pemograman, server dan databese merupakan aspek yang sangat ditekankan di jurusan Software Engineering.

Software Developer & Mobile Application Developer

Lulusan Software Engineering juga berpeluang besar untuk menjadi developer khususnya software developer & mobile application developer. Para mahasiswa di jurusan ini sangat dibekali dengan ilmu pengembangan perangkat lunak dan aplikasi. Bisa dikatakan bahwa menjadi developer merupakan peluang kerja yang paling besar buat lulusan Software Engineering. Era digital di masa sekarang sangat membutuhkan infrastruktur digital seperti software dan mobile application dan itu merupakan peluang yang bagus.

Software Designer

Ilmu Software Engineering tak hanya mengajarkan mengenai hal teknis seperti membangun aplikasi dan berkuat dengan code tetapi juga desain. Desain merupakan unsur penting dalam penyajian sebuah software. Desain merupakan unsur estetika tersendiri yang dipertimbangkan dalam membuat sebuah software. Tapi, jangan cemas, ilmu dalam Software Engineering telah merangkum kemampuan desain. Karena itu, software designer juga merupakan bidang kerja yang dapat dimasuki oleh lulusan Software Engineering.

Software Project Manager

Ilmu manajemen hampir dipakai di segala bidang termasuk dalam pengembangan software. Tapi, apakah semua kurikulum menyediakan skill manajemen? Tentu tidak. Sangat sedikit organisasi pendidikan terutama universitas yang menaruh perhatian pada ilmu manajemen. S1 Software Engineering Prasetiya Mulya merupakan salah satu program studi yang menyediakan pembelajaran manajerial. Ilmu yang diajarkan tidak sebatas pada perancangan sebuah aplikasi tetapi juga dibekali dengan kemampuan bisnis dan komunikasi yang berguna untuk mengkomersialkan software yang dibuat.

Programmer

Tentu bukan menjadi hal yang mengherankan lagi kalau lulusan jurusan Software Engineering berpeluang besar untuk menjadi programmer. Skill dasar yang harus dikuasai oleh mahasiswa Software Engineering adalah menguasai bahasa pemograman. Bahasa pemograman yang diakomodasi pun tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan kerja di masa sekarang. Pemogramman merupakan makanan sehari-hari mahasiswa jurusan ini dan tentunya dengan itu mereka mempunyai cukup skill.

Leave a Reply