404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
Juara III Lomba Inovasi Teknologi Pertanian 2021 Institut Teknologi Del & Mercy Corps Indonesia - School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya

Juara III Lomba Inovasi Teknologi Pertanian 2021 Institut Teknologi Del & Mercy Corps Indonesia

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > Blog > News & Article > Juara III Lomba Inovasi Teknologi Pertanian 2021 Institut Teknologi Del & Mercy Corps Indonesia

Lomba Inovasi Teknologi Pertanian 2021 merupakan kompetisi Nasional yang diadakan oleh Mercy Corps Indonesia bekerja sama dengan Institut Teknologi Del. Mahasiswa Product Design Engineering 2019, yaitu Carles berkolaborasi dengan 2 mahasiswa Manajemen Rekayasa Institut Teknologi Del dalam tim Naposo membuat karya inovasi SUAN – Informasi Pertanian dan Pemasaran Hasil Panen. 

SUAN merupakan sebuah aplikasi yang didesain untuk tenaga kerja di sektor pertanian, khususnya untuk petani yang mengalami keterbatasan mendapatkan informasi yang dibutuhkan dalam bekerja atau bertani. Selain itu, mayarakat umum juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk berbelanja dan wirausaha alat pertanian.

Aplikasi ini bertujuan untuk membantu petani melakukan kegiatan bertanidan memasarkan produk hasil panen petani. Terdapat tiga fitur utama pada SUAN, yaitu Tanamanku (petani akan dibantu untuk mengetahui informasi mengenai proses penanaman, pemeliharaan, hingga masa panen), Pasarku (membantu jual-beli hasil tanam petani kepada masyarakat), Komunitasku (memuat informasi mengenai dunia pertanian yang berbentuk blog, video tutorial, dan berita yang dapat membantu petani terhubung dengan petani lainnya).

Koloborasi tim Naposo meraih penghargaan Juara 3 kategori mahasiswa. Banyak pembelajaran yang didapat melalui kompetisi ini, seperti berkomunikasi, berkolaborasi, dan kesempatan dalam memberikan solusi dari sudut pandang yang berbeda. Hal ini juga menjadi tantangan karena latar belakang bidang studi dan universitas yang berbeda, sehingga secara tidak langsung  dapat menambah wawasan keilmuan atau bidang studi satu sama lain.

Leave a Reply