404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
Canggihnya Laboratorium Computer Systems Engineering STEM Prasmul

Canggihnya Laboratorium Computer Systems Engineering STEM Prasmul

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > S1 Computer Systems Engineering > Canggihnya Laboratorium Computer Systems Engineering STEM Prasmul

Mengenal Circuits & Electronics Laboratorium Andalan Computer Systems Engineering STEM Prasmul

Suasana Laboratorium CSE
Ruang 3049 yang cerah dan luas membuat nyaman para pembelajar dan peneliti muda

Dalam proses perkuliahannya mahasiswa STEM Prasetiya Mulya selalu berorientasi pada hands-on experiences. Artinya selain diajak belajar dan berdiskusi tentang topik yang sedang aktual, mahasiswa diajak praktik sedini mungkin.

Untuk menunjang kegiatan tersebut, mahasiswa Computer Systems Engineering difasilitasi aneka laboratorium beserta perangkatnya. Salah satu laboratorium yang ada di STEM Prasetiya Mulya adalah Circuits & Electronics Laboratory. Laboratorium tersebut terletak di lantai empat gedung Collaborative STEM Laboratorium atau yang lebih familiar sebagai gedung CSL. Laboratorium ini menjadi tempat, berbagai gagasan hingga working prototypes keluaran jurusan Computer Systems Engineering dibuat.

Situasi Kerja Laboratorium CSE
Suasana kerja di Circuits & Electronics Lab

Bagi mahasiswa Computer Systems Engineering tahun pertama laboratorium Circuits & Electronics inilah momen perdana interaksi mereka dengan bermacam komponen elektronika. Pemahaman akan sirkuit dasar dan elektronika sangat esensial di bidang Computer Systems Engineering, karena sistem komputer umumnya bekerja mengandalkan dan mengendalikan sistem elektronika.

Tengok saja smart agriculture misalnya. Para sistem pintar tentunya memiliki sensor yang memantau suhu, kelembaban, dan besaran lainnya, sehingga data yang terkumpul dapat membantu pengambilan keputusan. Jika kelembaban rendah alias situasi kering, sistem pintar tersebut bisa mengambil tindakan, misalnya dengan menyalakan smart water tap.

Laboratorium ini dilengkapi variasi device lokal maupun impor. Dari komponen elektronika dasar dan circuit boards untuk merangkai, power supply dan signal generators untuk menguji rangkaian, multimeter dan oscilloscopes untuk mengamati sinyal pada rangkaian, bahkan drone dan robot-robot skala kecil hingga sedang pun tinggal di ruangan ini.

Tidak hanya mahasiswa Computer Systems Engineering yang bisa menikmati fasilitas ini teman-teman lainnya juga bisa mencoba kecanggihan laboratorium Circuits & Electronics. Para mahasiswa prodi lain yang terlibat proyek kolaborasi turut menikmati kecanggihan dan kenyamanan laboratorium tersebut. Selain dari internal STEM Prasemul, prodi Computer Systems Engineering rutin mengajak siswa sekolah untuk berkunjung, mencicipi keseharian mahasiswa CSE, dan ikut mengenalkan STEM melalui beragam aktivitas seperti Infinity Camp.

Kunjungan siswi-siswi dan workshop edukasi STEM

Bukan hanya dari segi peralatan, berbagai aspek turut mendukung para mahasiswa untuk senantiasa berinovasi melalui lingkungan yang kondusif. Arsitektur gedung Collaborative STEM Laboratorium sangat menawan. Jendela luas Circuits & Electronics Lab bukan hanya sumber cahaya dan enak dipandang mata, tetapi juga memberikan inspirasi dan kesegaran yang otak kita butuhkan di kala brainstorming ide atau memecahkan masalah. Creative thinking dan problem solving skills tak henti-hentinya dipupuk di sini. Mengapa? Karena sesungguhnya tiap karya lahir dari gagasan yang diwujudkan dalam bentuk uji coba.

Are you ready for the future? Yuk, bikin prototype di Circuits & Electronics Lab dan buktikan idemu melalui eksperimen bersama CSE!

Leave a Reply