404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
STEM Universitas Prasetiya Mulya Belajar Online ala Mahasiswa PDE

Belajar Online Mahasiswa Product Design Engineering STEM Prasetiya Mulya

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > Blog > Belajar Online Mahasiswa Product Design Engineering STEM Prasetiya Mulya
STEM
sumber : logichainsolutions.com

Product Design Engineering atau PDE merupakan salah satu prodi di Sekolah STEM Terapan Univesitas Prasetiya Mulya. Program studi PDE di STEM Terapan Prasmul berbeda dibandingkan dengan jurusan Desain Produk yang ada di universitas lain, karena selain berlajar sisi desain produknya PDE di STEM Terapan Prasmul juga belajar dari sisi engineering (Teknik) dari suatu produk yang nantinya dibuat. Maka dari itu mata kuliah yang juga berisi pengajaran teknik seperti material desain juga didapatkan. Salah satunya adalah Materials and Design.

Materials and Design merupakan mata kuliah yang mengajarkan bagaimana cara pemilihan bahan/ material yang sesuai untuk produk yang dibuat. Mulai dari mengenali jenis – jenis material, bagaimana saja sifat material, stuktur dari material dan sekilas metode yang digunakan untung mengolah material. Mahasiswa PDE Sekolah STEM Terapan Universitas Prasetiya Mulya menjalani perkuliahan daring walau dengan demikian banyak ilmu baru yang didapatkan.

Keterbatasan dengan perkuliahan online saat ini tidak mengurangi praktek yang dilakukan oleh mahasiswa PDE Sekolah STEM Terapan Universitas Prasetiya Mulya. Dalam mata kuliah Materials and Design ini mahasiswa diminta untuk langsung mempraktekkan apa yang telah dipelajari mengenai pemilihan material dalam mendesain suatu produk dengan diberikannya 3 case study untuk melatih cara berpikir dan juga perhitungan kita terkait produk yang dibuat setiap case study memiliki kriteria yang berbeda mulai dari jenis produk yang ditentukan seperti produk furniture atau land vehicle, dan jenis material yang berbeda seperti harus menggunakan natural materials atau sintetik materials. Dengan demikian mahasiswa Sekolah STEM Terapan Universitas Prasetiya Mulya dituntut untuk berpikir kreatif mendesain suatu produk dan dapat menerapkan semua materi yang didapat mengenai material mulai dari menentukan jenis material, memahami bagaimana stuktur dari material tersebut sehingga dapat memahami sifat- sifat dari material guna menemukan material yang tepat untuk produk yang didesain.

Case Study yang didapat mahasiswa PDE di Sekolah STEM Terapan Universitas Prasetiya Mulya sangat membantu pembelajaran walaupun online semua materi yang didapatkan menjadi sangat menarik dan bisa langsung kita terapkan dalam mendesain produk.

Leave a Reply