ENTREPRENEURIAL ENERGY ENGINEERING

Visi: 

Menjadi program studi unggul dan terpandang dalam pengembangan Teknik Energi Terbarukan dan sumber daya manusia yang berkualitas global.

Misi:

Menyediakan pendidikan dan penelitian teknik energi terbarukan yang dapat diaplikasikan ke masyarakat dan berkontribusi pada pengembangan dunia bisnis.

Tujuan:

  1. Menyelenggarakan program pendidikan tinggi untuk menghasilkan lulusan Teknik Energi Terbarukan yang berkualitas unggul disertai jiwa kewirausahaan dan nilai-nilai CHAIN (caring, humility, achieving, integrity dan nondiscrimination).

  2. Melaksanakan penelitian yang berfokus pada pengembangan teknologi dan inovasi untuk berkontribusi pada pengembangan bisnis energi terbarukan.

  3. Melaksanakan aktivitas pengabdian masyarakat melalui pemanfaatan kepakaran dalam bidang energi terbarukan.

 


Energi terbarukan yang berasal dari matahari, angin, biomassa, air, dan panas bumi akan menjadi andalan bagi manusia di masa depan. Pemanfaatannya akan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil serta memperkecil dampak negatifnya terhadap perubahan iklim.


Oleh karenanya, Universitas Prasetiya Mulya hadir dengan Program Studi Energy Engineering. Jurusan ini hadir untuk menghasilkan sarjana yang memiliki kemampuan kolaboratif bidang teknis energi terbarukan serta bisnis dan manajemen.

Kompetensi lulusan tersebut diperoleh melalui proses pembelajaran dan penelitian terintegrasi. Tidak hanya menanamkan teori, namun Program Studi ini juga banyak melaksanakan kegiatan proyek, termasuk computer-based energy engineering simulation, eksperimen dan desain prototipe. Pengetahuan tentang tahapan proses pemanfaatan energi, yaitu resource managementfeedstock processing, power generation, serta power conservation pun dipaparkan oleh dosen yang ahli di bidangnya.
‚Äč
Kerja sama dengan Zhejiang University dan berbagai perusahaan, antara lain PT. Adaro Power, Medco Foundation, REC Solar Pte. Ltd., PT. ATW Sejahtera, PT. Bumi Serpong Damai Tbk. dan PT. Dynapack Indonesia pun dilakukan. Lulusan program studi ini diharapkan untuk dapat membuka usaha baru di bidang renewable energy atau menjadi tenaga profesional di industri energi secara umum. 


Alasan memilih belajar Teknik Energi


Alasan memilih belajar Teknik Energi di Universitas Prasetiya Mulya adalah untuk dapat:
  1. Memahami dengan baik proses dan konsep yang berhubungan dengan energi, seperti termofisika, termokimia, termodinamika, photovoltaics, dll, serta mampu merancang proses pengubahan energi menggunakan prinsip-prinsip tersebut.
  2. Merancang reaktor dan perangkat energi terbarukan.
  3. Memiliki pengetahuan tentang efisiensi dan konservasi energi.
  4. Mengkomersialisasi teknologi energi terbarukan.

Alasan lainnya adalah semakin terbukanya lapangan kerja sebagai Sarjana Teknik Energi Terbarukan secara nasional maupun internasional.

Berbekal pengetahuan terkini mengenai energi terbarukan, kemahiran dalam pengunaan teknologi dan keahlian lunak, lulusan program studi ini akan menjadi mitra yang andal dan inovatif dalam pemecahan persoalan-persoalan teknik energi terbarukan.


Peluang karier


Sebagai Sarjana Teknik Energi Terbarukan Prasetiya Mulya memiliki peluang karier sebagai berikut:
1. Ahli rekayasa energi terbarukan.
2. Ahli manajemen energi dan energi terbarukan.
3. Pelaku bisnis energi terbarukan.
4. Konsultan energi terbarukan.


READ MORE