404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
Projek Kolaborasi antar Prodi: Computer Systems x Product Design

Projek Kolaborasi antar Prodi: Computer Systems x Product Design

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > Blog > Projek Kolaborasi antar Prodi: Computer Systems x Product Design

Setelah sebelumnya program studi Renewable Energy Engineering dengan Digital Business Technology melakukan projek kolaborasi tentang sustainable development.

Projek kolaborasi berikutnya dilakukan oleh program studi Computer Systems Engineering angkatan 2020 & 2019 bersama Product Design Engineering angkatan 2020, bertemakan “Interactive/ educational games/ toys combining physical devices and digital connectivity using embedded systems & IoT technology“. Bermaksud untuk menggabungkan konsep produk dan komputer.

Baca juga: Sustainable Development: Projek Kolaborasi Antar Program Studi
Projek Kolaborasi antar Prodi: Computer Systems x Product Design
FGD sekaligus testing game
© instagram.com

Disini, program studi Product Design Engineering berperan aktif dalam merancang dan mendesain produk, prototyping sampai produk jadi. Sedangkan Computer Systems Engineering ankatang 2020 membantu dalam membuat produk tersebut dapat melakukan processing dan computing sehingga menghasilkan output dari input yang diminta, untuk yang angkatan 2019 membantu dalam membuat produk dapat melakukan komunikasi nirkabel atau wireless. Tentunya semua sudah diampu dimata kuliah masing-masing .

Berhubung jurusan Product Design Engineering mengampu beban 5 SKS pada mata kuliah projek tersebut, mahasiswa diminta untuk berperan lebih dan aktif melakukan perintah yang diminta.

Sebelum menghasilkan produk yang diinginkan, mahasiswa diminta untuk melakukan consumers research report yang meliputi empathy map, user journey map, user persona, affinity map, mood board, value proposition canvas, photos of interview, problem definition, design brief serta product design specification. Mahasiswa juga diminta untuk membuat thumbnail sketchs dengan minimal 6 desain yang akan diajukan kepada faculty member pengampu, dan diakhir pertengahan semester sebagai bentuk laporan progres, mahasiswa diminta untuk menampilkan product workflow diagram dari produk yang dibuat serta poto dan prototype dari produk serta paper report. Yang mana, tugas tersebut dikerjakan selama setengah semester awal.

Untuk setengah semester akhir nantinya, mahasiswa diminta untuk tetap melakukan tugas seperti membuat laporan FGD terkait perencanaan dan masukan dari pengguna terkait prototype yang dibuat, membuat animasi 3 dimensi, technical drawing dan 3D modelling, membuat poster, dan terakhir membuat final prototype dan final design serta produk jadi untuk nantinya dipamerkan ketika acara pameran.

Rancangan desain pokeshoot

Salah satu hasil rancangan produk yang dibuat mahasiswa tersebut adalah pokeshoot. Sedikit gambaran untuk cara mainnya sendiri, nantinya pemain akan menembakkan bola kedalam lubang yang tersedia. Masing-masing lubang dilengkapi sensor untuk mendeteksi bola tersebut masuk atau tidak, jika masuk poin akan ditampilkan dilayar monitor.

Leave a Reply