404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
Myers-Briggs Type Indicator: Indikator Kepribadian Untuk Memilih Jurusan

Myers-Briggs Type Indicator: Indikator Kepribadian Untuk Memilih Jurusan

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > Blog > Myers-Briggs Type Indicator: Indikator Kepribadian Untuk Memilih Jurusan

Myers-Briggs Type Indicator atau biasa disebut juga dengan sebutan MBTI, merupakan tes psikologi yang dirancang sedimikian rupa untuk mengukur tingkat preferensi dasar seseorang dalam membuat keputusan dan melihat kepribadian.

Myers-Briggs type indicator disajikan dalam bentuk pertanyaan tentang bagaimana perasaan, keadaaan bahkan tindakan yang akan dirasakan atau dilakukan seseorang dalam keadaan tertentu untuk menggambarkan dirinya pada keadaan tersebut.

Pertanyaan pada Myers-Briggs type indicator tersebut tidak dibatasi dengan skala nilai benar atau salah, karena jawaban yang diberikan merupakan suatu pendapat subjektif yang bertujuan untuk menemukan kepribadian seseorang secara dasar dengan catatan Myers-Briggs type indicator tidak dapat dijadikan sebagai patokan seseorang memiliki kepribadian berdasarkan hasil jawaban dari pertanyaan yang dijawab tersebut, melainkan hanya sebatas indikator dan gambaran kasar diri seseorang.

Dari sekian data yang ada, akan terbentuk menyusun 16 personalitas dengan ciri khas dan karakteristik masing-masing, yang kemudian ditujukan kepada kepribadian seseorang.

Berikut beberapa pilihan jurusan yang ada di STEM terapan yang sesuai berdasarkan MBTI atau Myers-Briggs type indicator diantaranya:

Baca juga: VARK (Visual, Auditory, Read/Write & Kinesthetic): Tipe Belajar Efektif
Myers-Briggs Type Indicator: Indikator Kepribadian Untuk Memilih Jurusan
© instagram.com/stemprasetiyamulya

ISTJ/ESTJ (Business Mathematics)

Memiliki kepribadian yang praktis dan mengutamakan fakta, handal dalam mengola data, teliti, realistis dan logis, sehingga cocok dengan jurusan Business Mathematics yang berurusan dengan aktuaria, matematika dan olah data.

INTP/ ENTP (Food Business Technology)

Ketika tipikan ini menjadi satu dalam diri seseorang maka orang tersebut cenderung memiliki ide dan pemikiran yang inovatif dan aktif dalam mencoba hal-hal baru. Sehingga cocok dengan jurusan Food Business Technology yang berurusan dengan pemecahan suatu permasalahan dengan cara menantang dan strategis.

INFP/ ENFP (Product Design Engineering & Digital Business Technology)

Memiliki karakteristik kuat dan kepribadian yang antusias, fleksibel dan adaptif memuatnya mudah bereksplorasi dalam menuangkan ide dalam desain, tentunya sesuai dengan jurusan Product Design Engineering dan juga Digital Business Technology yang dituntut untuk berfikir secara design thinking dalam membrikan problem solving.

INTJ/ ENTJ (Renewable Energy Engineering)

Seseorang dengan tipikal ini merupakan orang yang cenderung visioner dan strategis, memiliki pemikiran yang imajinatif dan memiliki rencana yang strategis untuk segala sesuatu, cocok dengan jurusan Renewable Energy Engineering dengan misi utama penggunaan energi yang sustainable.

ISTJ/ ESTJ (Computer Systems Engineering)

Kerjanya yang terorganisir dan kompleks serta kepribadian yang praktis dengan mengutamakan segala fakta, selaras dengan jurusan Computer Systems Engineering yang memerlukan ketelitian dan menghitung dan merancang komponen dan perangkat dalam komputer.

Tes MBTI kamu disini: www.16personalities.com

Leave a Reply