Myers-Briggs Type Indicator: Indikator Kepribadian Untuk Memilih Jurusan

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > Blog > Myers-Briggs Type Indicator: Indikator Kepribadian Untuk Memilih Jurusan

Myers-Briggs Type Indicator atau biasa disebut juga dengan sebutan MBTI, merupakan tes psikologi yang dirancang sedimikian rupa untuk mengukur tingkat preferensi dasar seseorang dalam membuat keputusan dan melihat kepribadian.

Myers-Briggs type indicator disajikan dalam bentuk pertanyaan tentang bagaimana perasaan, keadaaan bahkan tindakan yang akan dirasakan atau dilakukan seseorang dalam keadaan tertentu untuk menggambarkan dirinya pada keadaan tersebut.

Pertanyaan pada Myers-Briggs type indicator tersebut tidak dibatasi dengan skala nilai benar atau salah, karena jawaban yang diberikan merupakan suatu pendapat subjektif yang bertujuan untuk menemukan kepribadian seseorang secara dasar dengan catatan Myers-Briggs type indicator tidak dapat dijadikan sebagai patokan seseorang memiliki kepribadian berdasarkan hasil jawaban dari pertanyaan yang dijawab tersebut, melainkan hanya sebatas indikator dan gambaran kasar diri seseorang.

Dari sekian data yang ada, akan terbentuk menyusun 16 personalitas dengan ciri khas dan karakteristik masing-masing, yang kemudian ditujukan kepada kepribadian seseorang.

Berikut beberapa pilihan jurusan yang ada di STEM terapan yang sesuai berdasarkan MBTI atau Myers-Briggs type indicator diantaranya:

Baca juga: VARK (Visual, Auditory, Read/Write & Kinesthetic): Tipe Belajar Efektif
Myers-Briggs Type Indicator: Indikator Kepribadian Untuk Memilih Jurusan

ISTJ/ESTJ (Business Mathematics)

Seseorang dengan tipe kepribadian ISTJ atau ESTJ merupakan singkatan dari extroverts/ introverts, sensors, thinkers, judgers. Memiliki kepribadian yang praktis dan mengutamakan fakta, handal dalam mengola data, teliti, realistis dan logis, sehingga cocok dengan jurusan Business Mathematics yang berurusan dengan aktuaria, matematika dan olah data.

istj

INTP/ ENTP (Food Business Technology)

INTP atau ENTP merupakan singkatan dari introverts/ extroverts, intuitives, thinkers, perceivers. Ketika tipikan ini menjadi satu dalam diri seseorang maka orang tersebut cenderung memiliki ide dan pemikiran yang inovatif dan aktif dalam mencoba hal-hal baru. Sehingga cocok dengan jurusan Food Business Technology yang berurusan dengan pemecahan suatu permasalahan dengan cara menantang dan strategis.

intp

INFP/ ENFP (Product Design Engineering)

INFP/ ENFP merupakan singkatan dari introverts/ extroverts, intuitives, perceivers. Memiliki karakteristik kuat dan kepribadian yang antusias, fleksibel dan adaptif memuatnya mudah bereksplorasi dalam menuangkan ide dalam desain, tentunya sesuai dengan jurusan Product Design Engineering yang dituntut untuk

infp
Tes MBTI kamu disini: www.16personalities.com

Leave a Reply