404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
CNC Machine: Mesin Miling Untuk Latihan Dasar Operasi dan Program

CNC Machine: Mesin Miling Untuk Latihan Dasar Operasi dan Program

School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya > Blog > CNC Machine: Mesin Miling Untuk Latihan Dasar Operasi dan Program

CNC Machine atau Computer Numerical Control Machine merupakan sebuah sistem yang dapat dikendalikan secara otomatis menggunakan komputer. Ditinjau dari cara kerjanya, mesin ini memotong dan memisahkan bagian dari suatu blok bahan material. Mesin tersebut memotong secara otomatis melalui perintah kendali komputer. Material yang dipotong tersebut merupakan material yang sipotong secara manual yaitu material jenis logam seperti besi, aluminuim dan lainnya. Oleh karena itu, material tersebut hanya bisa dipotong menngunakan mesin CNC.

CNC Machine merupakan kebalikan dari 3D Printing. Jika 3D Printing menambah material untuk membentuk produk, maka CNC Machine mengurangi material untuk membentuk produk.

Untuk pengoperasian mesin CNC sendiri dibagi menjadi tiga tahapan. Pertama modelling, yaitu pembuatan rancangan model menggunakan software khusus bernama CAD di komputer. Kedua translating, yaitu penerjemahan model tersebut menjadi g-code agar dapat dibaca mesin. Yang terakhir executing, yaitu pemotongan dan pengeksekusian materi sesuai perintah yang diterima.

Baca juga: 5 Pilar STEM — State the Art of Facilities: Support System Unggulan Dalam Memberi Ruang
CNC Machine: Mesin Miling Untuk Latihan Dasar Operasi dan Program
© instagram.com/ stemprasetiyamulya

Mesin CNC berada di gedung Collaborative STEM Laboratories, tepatnya di basemant gedung tersebut. Biasanya, mesin ini digunakan oleh mahasiswa program studi Product Design Engineering untuk melalukan kegiatan praktikum. Namun untuk civitas lain yang ingin menggukan juga diperbolehkan dengan alasan kepentingan tertentu. Karena mesin CNC juga merupakan salah satu fasilitas STEM Prasetiya Mulya, khususnya gedung CSL.

Manufacturing Methods merupakan salah satu mata kuliah dari program studi Product Design Engineering. Nantinya, mata kuliah ini akan memfasilitasi mahasiswa untuk melakukan praktiukum dengan menggunakan mesin CNC.

“Manufacturing Methods adalah salah satu mata kuliah yang harus aku selesaikan sebagai mahasiswa dari jurusan Product Design Engineering. Pada sesi yang membahas tentang manufacturing (cutting), nantinya kita akan menggunakan mesin CNC. Yang mana, mesin CNC yang ada di STEM Prasetiya Mulya ini merupakan mesin yang memiliki 3 mata atau axis (x, y, z).”
~Angelina Love (PDE’20)

Leave a Reply