404 Not Found


nginx/1.18.0 (Ubuntu)
Cara Setup Webmaster Pada Google - School of Applied STEM - Universitas Prasetiya Mulya

Apabila Anda ingin melakukan SEO (Search Engine Optimization) pada website Anda, maka menggunakan Google Webmaster merupakan salah tool yang paling popular. Berikut tutorial singkat cara mengaktifkan Google Webmaster Tools yang ada:

Aktifkan Google Search Console

Aktivasi Google Search Console

Klik url link berikut: https://www.google.com/webmasters/  . Kemudian lakukan registrasi website Anda dengan memilih salah satu metode verifikasi yang ada. Apabila Anda memilih DNS verification, maka Anda harus memiliki akses ke domain registrar (tempat dimana Anda membeli Domain) dan juga masuk ke dalam DNS Setting. Kami menyarankan Anda menggunakan metode upload file html pada web root folder aplikasi Anda karena prosesnya lebih cepat dan kecil kemungkinan terjadi error.

Pemilihan metode verifikasi menggunakan upload File html
Sukses masuk kedalam Google Search Console

Untuk memulai pengecekan website Anda, klik dibagian navigasi Inspeksi URL –> masukan domain Anda –> Ketik enter. Google Webmasters akanmengambil data dari Index google terkait website Anda untuk di cek. Index Google merupakan sebuat catatan (berupa database) di mesin pencari google terkait data-data website yang di simpan. Apabila hasil inspeksi URL menunjukan URL ada di Google,  maka artinya Google telah mengenali website Anda. Namun apabila hasil menunjukan sebaliknya dimana Google belum dapat mengenali website Anda, Anda bisa mengklik MINTA PENGINDEKSAN supaya google meng-crawl (menarik data) dari website Anda untuk kemudian menyimpannya di dalam Index mesin pencari Google.

Proses pengecekan URL ke Indeks Google
Proses Pengecekan URL berhasil

Selamat! Website Anda telah ter-Indeks oleh Google. Artinya bahwa saat ini, website anda bisa ditemukan apabila ada orang yang mencari lewat Google. Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengoptimalkan SEO (Search Engine Optimisation) supaya dalam pencarian google bisa menghasilkan peringkat paling atas. Silahkan cek tutorial-tutorial lain di website ini untuk belajar lebih jauh lagi tentang SEO.

Leave a Reply